Lou Ottens, Sang Penemu Pita Kaset Meninggal Dunia

Kamis, 11 Maret 2021 - 19:26 WIB
loading...
Lou Ottens, Sang Penemu Pita Kaset Meninggal Dunia
Lou Ottens, insinyur Belanda penemu pita kaset, telah meninggal dunia. Foto/Tripale
A A A
AMSTERDAM - Lou Ottens, seorang insinyur berkebangsaan Belanda yang menemukan konsep pita kaset audio pada awal 1960-an dan kemudian membantu mengembangkan compact disc (CD) telah meninggal dunia pada hari Sabtu lalu. Dia meninggal pada usia 94 tahun.

Ottens bekerja untuk Philips ketika perusahaan itu meluncurkan kaset dalam pameran radio tahun 1963 di Berlin. Sebelum kaset, penggemar audio yang mencari portabilitas harus bergantung pada perekam dan pemutar yang lebih besar—belum ada Walkman reel-to-reel pada saat itu karena suatu alasan.



"Itu adalah kejutan besar bagi pasar," kata Ottens, yang saat itu berusia 87 tahun, dalam cerita majalah TIME 2013. "Itu sangat kecil dibandingkan dengan perekam reel-to-reel yang pada saat itu menjadi sensasi."

Dalam film 2016 "Cassette: A Documentary Mixtape", Ottens berkata, "Saya berharap ini akan sukses, bukan revolusi."

"Lou ingin musik menjadi portabel dan dapat diakses," kata Zack Taylor, pembuat film itu, mengatakan kepada NPR.

"Kaset mengajari kami cara menggunakan suara, bahkan saat pesan datang dari lagu orang lain, yang disusun dengan susah payah di mixtape. Jadi, lain kali Anda membuat playlist yang sempurna di Spotify atau mengirim link untuk membagikan lagu, Anda bisa berterima kasih kepada Lou Ottens."

Ottens terkenal tidak sentimental tentang warisan dan penemuannya. Di Twitter, Taylor ingat bahwa insinyur tersebut telah membuktikan subjek yang sulit untuk dokumentasinya.

"Lou adalah wawancara tersulit dalam karier saya sejauh ini, tetapi juga yang paling saya hargai," tulis pembuat film itu di Twitter, yang dilansir Reuters, Kamis (11/3/2021).

Meskipun kaset dan 8-track player bersaing untuk dasbor mobil pada awal tahun 1970-an, fakta bahwa memutar kaset hanya membutuhkan satu pergantian, seperti temannya, piringan hitam, membuatnya menjadi pemenang yang jelas. Kaset akhirnya mengambil alih vinil sebagai format utama saat perangkat Walkman memperkenalkan audio on-demand yang benar-benar saat bepergian dalam segala hal untuk pertama kalinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)