Pangkalan Militer Equatorial Guinea Diguncang 4 Ledakan, 15 Tewas, 500 Luka

Senin, 08 Maret 2021 - 08:10 WIB
loading...
Pangkalan Militer Equatorial Guinea Diguncang 4 Ledakan, 15 Tewas, 500 Luka
Pangkalan militer di Bata, Equatorial Guinea, diguncang empat ledakan besar, Minggu (7/3/2021) malam. Foto/TV GE via REUTERS
A A A
BATA - Pangkalan militer di Bata, Equatorial Guinea, diguncang empat ledakan besar pada Minggu malam. Informasi sementara menyebutkan 15 orang tewas dan sekitar 500 orang lainnya terluka.

Beberapa video yang diambil dari lokasi kejadian menunjukkan kehancuran pangkalan militer dan banyak warga sipil berlarian menyelamatkan diri.



Media lokal melaporkan rumah sakit terdekat kewalahan dengan kehadiran ratusan korban luka.

Menurut media setempat, empat ledakan terjadi di dalam pangkalan militer yang terletak di kota pelabuhan tersebut.

Salah satu video menunjukkan asap mengepul dari lokasi ledakan dan beberapa wanita menangis dan beberapa dari mereka dalam kondisi terluka sedang dibantu menjauh dari tempat kejadian. Debu dan puing-puing memenuhi langit setempat dan jalan dipenuhi sampah.

Dalam sebuah pernyataan di televisi nasional, Presiden Teodoro Obiang menuding ledakan itu disebabkan oleh kelalaian penggunaan dinamit di pangkalan tersebut.



“Sedikitnya 15 orang tewas dan sekitar 500 lainnya cedera dalam ledakan itu,” kata Obiang, seperti dikutip Russia Today, Senin (8/3/2021).

Equatorial Guinea adalah koloni Spanyol hingga tahun 1968. Industri minyaknya telah menjadikannya negara kaya di Afrika Sub-Sahara. Namun, terjadi ketimpangan kekayaan di negara itu.

Negara tersebut baru-baru ini berjuang melawan penyebaran COVID-19, dan jatuhnya harga minyak mentah global—yang menjadi andalan negara untuk sebagian besar pendapatannya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)