Terancam, AS Kerahkan Sistem Pertahanan Udara Avenger di Suriah dan Irak

Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:08 WIB
loading...
Terancam, AS Kerahkan Sistem Pertahanan Udara Avenger di Suriah dan Irak
Sistem rudal AN/TWQ-1 Avenger ampuh untuk pertahanan jarak pendek. Foto/globaldefensecorp.com
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana mengerahkan sistem rudal pertahanan udara jarak pendek AN/TWQ-1 Avenger di Suriah dan Irak.

Kehadiran sistem rudal itu untuk melindungi pasukan darat dari meningkatnya ancaman serangan pesawat tak berawak (drone).

Laporan yang diterbitkan Forbes itu mengatakan foto-foto yang beredar di media sosial pada akhir Februari menunjukkan Avengers yang diangkut di jalan raya dari Irak ke Suriah kemungkinan besar karena sistem rudal pertahanan udara dibawa ke pasukan AS di wilayah Deir Ez-Zor, timur Suriah.



Laporan itu mengatakan, bersama dengan peluncur rudal FIM-92 Stinger, Avenger dirancang melindungi infanteri dari pesawat yang terbang rendah, rudal jelajah, helikopter, dan drone.



Hingga awal tahun lalu, pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak tidak memiliki sistem pertahanan udara.

Lihat infografis: Jerman Akan Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan

Kerentanan mereka ditunjukkan ketika Iran menyerang dua pangkalan dengan rudal balistik pada Januari 2020, sebagai pembalasan atas pembunuhan Jenderal Iran Qasem Soleimani oleh AS di dekat Bandara Internasional Baghdad.

Sejak itu, Washington telah mengerahkan rudal Patriot MIM-104 ketinggian tinggi ke pangkalan itu bersama sistem rudal C-RAM (Counter-rocket, artileri, dan mortir) jarak pendek.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)