AS Siap Bahas Penjualan Jet Tempur Siluman F-35 dengan Yunani

loading...
AS Siap Bahas Penjualan Jet Tempur Siluman F-35 dengan Yunani
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/REUTERS
ATHENA - Washington siap untuk membahas penjualan fregat dan jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) dengan Athena jika Yunani menginginkannya. Demikian disampaikan duta besar AS di Athena, Geoffrey Pyatt, pada hari Kamis.

Dalam konferensi pers, Pyatt mengatakan peningkatan yang sedang berlangsung dari 84 unit jet F-16 Yunani sangat penting karena akan mempersiapkan Angkatan Udara Yunani untuk F-35.

Baca juga: Ditembak Mati, Demonstran Cantik Myanmar Sumbangkan Organ Tubuhnya

Namun, dia menambahkan bahwa perusahaan manufaktur Lockheed Martin akan membutuhkan waktu lima tahun untuk mengembangkan infrastruktur yang dibutuhkan guna menampung jet tempur F-35 di Yunani.

Soal fregat, dia mengatakan, AS menunggu surat permintaan tidak mengikat dari pihak Yunani.



“Kami tidak hanya menjual logam! Proposal Amerika untuk fregat yang akan melengkapi Angkatan Laut Yunani adalah sebuah platform yang akan membantu lebih memperdalam hubungan strategis Yunani-AS,” kata Pyatt, seperti dilansir Anadolu Agency, Jumat (5/3/2021).

Duta Besar Amerika itu juga menyatakan dukungan negaranya untuk pembicaraan eksplorasi antara sekutu NATO; Yunani dan Turki, dengan mengatakan AS ingin pembicaraan untuk "tetap di orbit". ”Bola sekarang ada di pengadilan Ankara,” ujarnya.

Baca juga: Cerai dengan Istri, Ayah Ini Tembak Putri Cantiknya 20 Kali

Dia merujuk pada pembicaraan yang baru-baru ini dilanjutkan antara Turki dan Yunani yang berusaha menemukan penyelesaian yang adil dan setara untuk masalah-masalah di Laut Aegea.

Putaran pertama pembicaraan eksplorasi antara Yunani dan Turki dalam hampir lima tahun diadakan di Istanbul pada bulan Januari, dengan putaran berikutnya diharapkan diadakan di Athena.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top