Media Rusia Putar Rekaman Legenda Mossad Eli Cohen Keluyuran di Damaskus

loading...
Media Rusia Putar Rekaman Legenda Mossad Eli Cohen Keluyuran di Damaskus
Gambar rekaman yang diputar media Rusia menunjukkan legenda Mossad Israel, Eli Cohen, keluyuran di Ibu Kota Suriah, Damaskus, tahun 1960-an. Foto/Times of Israel/YouTube
TEL AVIV - Media pemerintah Rusia telah menyiarkan rekaman yang menunjukkan legenda mata-mata Mossad Israel; Eli Cohen, jalan-jalan di Damaskus, Suriah , selama tahun 1960-an. Cohen berkeluyuran di ibu kota negara musuh itu ketika dia aktif sebagai mata-mata negara Yahudi.

Jaringan televisi Russia Today (RT) memasukkan rekaman klip itu sebagai bagian dari film dokumenter yang dirilis minggu lalu, berjudul "Spyfall". Dokumenter itu mengeksplorasi spionase di Suriah pada saat itu.

Baca juga: Ilmuwan Senjata Kimia Rezim Suriah Diduga Jadi Mata-mata CIA

Dalam beberapa detik film hitam putih, seorang pria yang menurut media tersebut adalah agen Mossad; Eli Cohen, terlihat berjalan di sepanjang jalan di Ibu Kota Suriah dekat markas Angkatan Udara Suriah di kawasan pemerintahan, tidak jauh dari apartemen Cohen.



Rekaman tersebut dilaporkan difilmkan oleh Boris Lukin, seorang spesialis sinyal yang telah dikirim ke Suriah sebagai atase militer Rusia.

Baca juga: Istri Cantik Bos Narkoba El Chapo Ditangkap di Virginia

Tidak jelas apakah dia bermaksud memfilmkan Cohen atau menangkapnya dengan kamera secara kebetulan.



Janda Cohen, Nadia Cohen, mengatakan kepada surat kabar Israel Hayom bahwa dia telah menonton klip tersebut. “Ini adalah pengingat Eli saya,” katanya.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top