Duta Besar Italia Tewas Dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Kongo

Senin, 22 Februari 2021 - 22:04 WIB
loading...
Duta Besar Italia Tewas Dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Kongo
Duta Besar Italia untuk Kongo, Luca Attanasio tewas dalam serangan terhadap konvoi PBB di Kongo timur. Foto/REUTERS
A A A
KINSHASA - Duta Besar Italia untuk Kongo, Luca Attanasio tewas dalam serangan terhadap konvoi PBB di Kongo timur. Serangan itu juga menewaskan dua orang lainnya.

Pengurus Taman Nasional Virunga menuturkan, serangan itu, yang awalnya diketahui adalah percobaan penculikan, terjadi dekat kota Kanyamahoro, beberapa kilometer dari ibu kota regional Goma.

Kementerian Luar Negeri Italia membenarkan bahwa pemimpin perwakilan mereka di Kongo itu tewas dalam sebuah serangan.

"Dengan kesedihan yang mendalam bahwa Kementerian Luar Negeri mengkonfirmasi tewasnya Duta Besar Italia untuk Republik Demokratik Kongo, Luca Attanasio, dan seorang polisi dari Carabinieri di Goma," kata kementerian itu.

"Duta besar dan tentara itu dalam perjalanan dengan mobil dalam konvoi MONUSCO, Misi Stabilisasi Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Republik Demokratik Kongo," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (22/2/2021).

Menurut situs web kementerian, Attanasio telah menjadi kepala misi Italia di Kinshasa sejak 2017 dan dijadikan Duta Besar pada 2019.

Lusinan kelompok bersenjata beroperasi di dan sekitar Virunga, yang terletak di sepanjang perbatasan Kongo dengan Rwanda dan Uganda. Penjaga taman telah berulang kali diserang, termasuk enam orang yang tewas dalam penyergapan bulan lalu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)