Cuaca Dunia Sedang Terbalik, Texas 2 Kali Lebih Dingin daripada Alaska

Kamis, 18 Februari 2021 - 06:10 WIB
loading...
Cuaca Dunia Sedang Terbalik, Texas 2 Kali Lebih Dingin daripada Alaska
Warga Cedar Crest Drive berjalan melewati rumah mereka yang terbakar di Abilene, Texas, AS, 15 Februari 2021. Foto/Erdrich/Reporter-News/USA Today Network via REUTERS
A A A
TEXAS - Sebuah "goyangan" dalam cuaca telah mengubah sebagian besar iklim dunia menjadi terbalik, yang mengarah ke situasi yang aneh di mana suhu di Texas dua kali lebih dingin daripada di Alaska.

Sementara itu di Eropa, salju telah menutupi Parthenon Athena yang terkenal di dunia saat suhu turun hingga membeku pada hari Selasa. Ibukota Yunani biasanya dapat diandalkan untuk musim dingin yang sejuk, namun di bagian utara negara itu, merkuri mencapai minus 20 derajat Celsius di beberapa tempat.



Amerika Utara dicengkeram oleh krisis cuaca ketika udara kutub yang membeku turun ke selatan, bahkan membawa salju ke Meksiko utara.

Peta anomali suhu benua dari Institut Perubahan Iklim Universitas Maine telah dengan jelas mengungkapkan situasi yang aneh ini.

Suhu pada 15 Februari lebih dari 20 derajat Celsius di bawah rata-rata di seluruh Texas, sementara Greenland dan Kutub Utara, di beberapa bagian, 10 derajat Celsius di atas rata-rata.

Namun, jauh dari pertanda perubahan iklim adalah banyak udara panas, di mana pengamat cuaca mengatakan kondisi saat ini disebabkan oleh suhu hangat yang tidak normal di Arktik.

Mengutip laporan AFP, Kamis (18/2/2021), lebih dari 20 orang kini tewas selama cuaca dingin, sebagian besar dalam kecelakaan mobil di negara bagian termasuk Texas, Kentucky dan Missouri.

Di Texas yang paling terpukul, di mana kondisi beku mendorong perusahaan energi untuk menerapkan pemadaman bergilir, seorang wanita dan gadis meninggal karena keracunan karbon monoksida setelah menggunakan mobil untuk menghasilkan panas.

Di Houston pada hari Senin, seorang pria tunawisma tewas, yang menurut polisi diduga karena eksposur. Seorang pria di Louisiana meninggal ketika kepalanya terbentur setelah tergelincir di atas es, dan seorang bocah lelaki Tennessee berusia 10 tahun meninggal setelah dia dan saudara perempuannya yang berusia enam tahun jatuh dari es ke dalam kolam pada hari Minggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)