Iran Kembali Tegaskan Tak Berniat Memiliki Senjata Nuklir

Senin, 15 Februari 2021 - 23:45 WIB
loading...
Iran Kembali Tegaskan Tak Berniat Memiliki Senjata Nuklir
Iran kembali menegaskan bahwa mereka tidak berniat untuk mengembangkan, terlebih memiliki senjata nuklir. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran kembali menegaskan bahwa mereka tidak berniat untuk mengembangkan, terlebih memiliki senjata nuklir. Ini adalah konfirmasi atas pernyataan yang sempat dilontarkan Menteri Intelijen Iran, Sayyid Mahmoud Alavi.

Alavi pada pekan lalu mengatakan bahwa tekanan terus-menerus dari Barat dapat mendorong Teheran untuk mencari senjata nuklir.

"Iran tidak mencari dan tidak akan pernah mencari senjata nuklir," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh saat dimintai komentar soal pernyataan Alavi.

Khatibzadeh, seperti dilansir Sputnik pada Senin (15/2/2021), kemudian mengatakan bahwa Teheran akan terus mengurangi komitmen di bawah kesepakatan nuklir 2015, jika pihak lain gagal memenuhi kewajiban mereka.

"Kami tidak punya pilihan selain menghormati hukum. Itu tidak berarti mengakhiri semua inspeksi oleh pengawas nuklir PBB," ujar Khatibzadeh, merujuk pada undang-undang Iran yang mewajibkan pemerintah untuk memperkuat sikap nuklirnya.

Seperti diketahui, pada November silam, Parlemen Iran mengesahkan undang-undang, yang mewajibkan pemerintah untuk menghentikan inspeksi IAEA terhadap situs nuklirnya dan meningkatkan pengayaan uranium di luar batas yang ditetapkan di bawah kesepakatan nuklir jika Amerika Serikat (AS) tidak mencabut sanksi mereka.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)