Dubes RI di Jepang Resmikan VLCC PERTAMINA PRIDE Seukuran 3 Kali Lapangan Sepak Bola

Rabu, 10 Februari 2021 - 17:58 WIB
loading...
Dubes RI di Jepang Resmikan VLCC PERTAMINA PRIDE Seukuran 3 Kali Lapangan Sepak Bola
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, meninjau geladak Kapal Super Tanker PERTAMINA PRIDE. Foto/KBRI Tokyo
A A A
ARIAKE SHIPYARD - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Jepang Heri Akhmadi meresmikan Kapal Super Tanker Very Large Crude Carrier (VLCC) “PERTAMINA PRIDE” di Galangan Kapal Ariake Japan Marine United, Kumamoto, Selasa (9/2/2021).

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya sampaikan penghargaan kepada semua tenaga terampil dan berdedikasi yang telah berkontribusi dalam konstruksi Very Large Crude Carrier (VLCC) PERTAMINA PRIDE," kata Dubes Heri Akhmadi saat meresmikan kapal super tanker VLCC milik Pertamina.



Heri mengatakan keberadaan kapal super tanker PERTAMINA PRIDE ini akan menjadi bagian penting dari bisnis Pertamina di masa mendatang.

“Keberadaan VLCC ini akan berperan penting untuk mendukung pemenuhan kebutuhan transportasi Free-On-Board Crude Cargo sebagai bahan baku kilang. Hal ini sangat penting untuk mengamankan pasokan energi nasional,” ujar Heri, yang didampingi istrinya Nuning Akhmadi, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka dan Kepala Pertamina Asia Timur Made Adi Putra.

Sementara itu, dari Jakarta hadir secara virtual Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansuri, Presiden Direktur Pertamina (Persero) Nicke Widyawati serta Dewan Direksi dan Dewan Komisaris Pertamina.

Kapal VLCC PERTAMINA PRIDE memiliki kapasitas angkut minyak mentah sebanyak 324.995 meter kubik atau sekitar 2,04 juta barel. Kapal ini merupakan crude oil tanker jenis single screw driven dan single deck. Panjang keseluruhan kapal ini mencapai 330 meter atau sekitar tiga kali ukuran lapangan sepak bola dengan kedalaman 29.35 meter.

Dubes Heri menambahkan, pembangunan kapal yang memakan waktu kurang lebih 18 bulan ini merupakan wujud kerjasama konkret antara Indonesia dan Jepang .

"Kerjasama Indonesia–Jepang akan terus diintensifkan, tidak hanya di bidang transportasi pasokan energi, tetapi juga kerjasama di bidang energi baru dan terbarukan," ujar Heri.



Heri memastikan kapal super tanker PERTAMINA PRIDE akan menjadi bagian penting dari bisnis Pertamina di masa mendatang. VLCC ini, lanjut Heri, akan dioperasikan oleh Subholding Shipping Pertamina. Kapal ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendukung utama untuk semakin memajukan peran Indonesia di industri pelayaran internasional.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)