Ada Bukti 'Kredibel' China Lakukan Genosida Terhadap Muslim Uighur

Selasa, 09 Februari 2021 - 22:05 WIB
loading...
A A A
Penilaian tersebut juga menganggap Presiden China Xi Jingping dan dua pejabat bertanggung jawab atas kejahatan terhadap kemanusiaan, menunjuk pada keseluruhan arah kebijakan negara pemimpin China itu dan peran pejabat tersebut dalam merancang dan melaksanakan kebijakan itu.



Menurut pendapatnya, dokumen tersebut tidak memiliki legal standing tetapi dapat digunakan sebagai dasar tindakan hukum.

Menurut BBC, dokumen ini mungkin menawarkan road map bagi hakim Inggris untuk diikuti jika parlemen London setuju untuk mengizinkan Pengadilan Tinggi memutuskan masalah genosida.

Anggota parlemen akan memberikan suara pada undang-undang baru pada hari Selasa.



Pemerintah Inggris sejauh ini telah berhenti menggunakan istilah "genosida", dengan alasan hanya pengadilan yang dapat membuat definisi hukum tersebut.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) di bawah mantan Presiden Donald Trump memutuskan bahwa Beijing sedang melakukan genosida di Xinjiang, di mana kelompok-kelompok hak asasi mengatakan lebih dari satu juta orang Uighur dan sebagian besar kelompok Muslim berbahasa Turki lainnya telah ditangkap di kamp-kamp internir.

Menteri Luar Negeri AS yang baru Anthony Blinken dilaporkan mengungkapkan pandangan yang sama dalam percakapan pertama antara para pejabat tinggi AS dan China sejak Presiden Joe Biden menjabat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)