Begini Cara Intelijen Iran 'Kerjai' AS, Pengaruhi Irak

Selasa, 09 Februari 2021 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Laporan itu menambahkan bahwa karena sebagian besar agen Irak adalah Syiah, seperti perekrut mereka yang berasal dari Iran, situs-situs religius menjadi tempat perlindungan yang baik untuk pertemuan mata-mata.

Salah satu kabel menggambarkan seorang perwira MOIS yang mengatur pertemuan di sebuah pameran foto politik dengan seorang pembangkang Bahrain yang diasingkan mengunjungi Karbala - situs pusat peziarah Syiah - dari London.



“Sekarang hadir di Karbala...(pembangkang) telah dihubungi dan diberitahu bahwa pameran tentang martir Bahrain telah diadakan. Pada Sabtu malam, ditemani saudara-saudara lain (petugas MOIS) kami melakukan kunjungan bersama ke foto pameran kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah Bahrain. Dalam pertemuan singkat, diputuskan untuk bertemu dengannya keesokan harinya," bunyi salah satu laporan MOIS.

Menurut laporan itu otoritas intelijen Iran dikatakan lebih memilih informan Irak yang dapat membantu mereka mendapatkan akses ke personel dan fasilitas AS.

"Sumber pergi ke pangkalan yang disebutkan di atas di bandara Baghdad dengan alasan memberikan hadiah kepada beberapa komandan (Irak, termasuk seorang komandan yang adalah penerima suap yang korup dan agen CIA di tentara Irak," tulis seorang perwira MOIS.

"Saat memberikan hadiah kepada beberapa orang Amerika yang hadir di pangkalan, dia mengambil foto suvenir," bunyi laporannya.



Kabel intelijen yang bocor oleh The New York Times dan The Intercept menyebabkan kehebohan besar ketika dirilis, mengkonfirmasikan apa yang telah lama diketahui oleh para pengamat: Iran menembus negara Irak dan memisahkan otoritas untuk mempertahankan pengaruh atas negara itu, mengubahnya menjadi klien de facto.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)