10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk

Minggu, 07 Februari 2021 - 06:32 WIB
loading...
10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
A A A
JAKARTA - Kondisi perang bisa memaksa para ilmuwan militer berinovasi agar persenjataan atau sumber daya militernya tidak terkalahkan oleh negara lain. Untuk mengantisipasi jatuhnya banyak korban, banyak negara mengembangkan penelitian-penelitian militer aneh sebagai ganti serangan manusia. Ironisnya, tidak sedikit hewan yang digunakan dalam beberapa eksperimen militer yang dalam beberapa hal sangat mengerikan ini.

1. Bom bunuh diri anjing

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Eksperimen ‘anti-tank dog' atau bom anjing anti tank ini melibatkan anjing sebagai senjata utama untuk membawa bom yang dilingkarkan di badannya. Sekilas eksperimen ini mirip bom bunuh diri. Anjing dilengkapi oleh 12 kilogram bom TNT. Uniknya, anjing tersebut dilatih untuk membawa bom ke bawah tank. (Baca: 5 Peristiwa Genosida Paling Kejam Dalam Sejarah Modern)

Ironisnya, bom tersebut akan meledak bersamaan dengan si anjing. Eksperimen ini akhirnya menemui titik buntu akibat tidak konsistennya si anjing dalam melaksanakan tugasnya. Di tengah situasi peperangan, anjing sulit diarahkan untuk membawa bom ke arah tank musuh.

Bahkan, anjing-anjing ini ketakutan dan justru berbalik ke kembali tuannya atau satuan yang mengirimnya. Hal ini tentu sangat berbahaya, terlebih saat bom tersebut tidak sengaja telah diaktifkan.

2. Pistol matahari Nazi

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Eksperimen aneh ini dilakukan Nazi dengan mengambil inspirasi dari pemakaian kaca pembesar. Nazi sempat mencoba membuat sebuah pistol matahari raksasa yang akan mengorbit atmosfer terluar bumi.

Senjata ini sejatinya cukup sederhana, Nazi akan membuat sebuah lensa raksasa yang diletakkan di luar angkasa. Saat Nazi sudah menentukan sasaran tembaknya, maka cermin tersebut akan dipakai untuk memfokuskan cahaya matahari dari luar bumi untuk ditembakkan ke sasaran tersebut.

Pancaran sinar super panas dari pistol matahari Nazi diperkirakan dapat membakar manusia, membumihanguskan sebuah kota, atau mengeringkan lautan. Kabar baiknya, eksperimen militer Nazi yang satu ini gagal dikembangkan. Nazi akhirnya lebih memilih senjata lain yang memberikan hasil lebih menjanjikan, yakni roket.

3. Bom kelelawar X-Ray

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Adalah Amerika Serikat (AS), pihak yang mengembangkan senjata mematikan berbentuk bom kelelawar yang dinamakan 'Project X-Ray'. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan militer Amerika ini bertujuan untuk menyebar bom dalam jumlah besar menggunakan kelelawar. (Baca juga: Persingkat Perjalanan ke Mars, NASA Lirik Teknologi Nuklir untuk Roketnya)

Bom dalam jumlah besar (bisa mencapai ribuan) dipasangkan pada kelelawar yang sengaja diterbangkan di wilayah Jepang saat dini hari. Setelah bom-bom tersebut dijatuhkan, mereka tidak akan langsung meledak, melainkan menunggu beberapa waktu hingga para kelelawar kembali ke sarangnya.

Eksperimen yang menggunakan 1.000 kelelawar di daerah gurun California ini akhirnya dihentikan karena pemerintah lebih memilih penggunaan bom atom untuk mengakhiri perlawanan Jepang di Perang Dunia ke-2.

4. Bom 'gay'


10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Bom ini dibuat untuk mengacaukan konsentrasi tentara lawan dengan cara sangat aneh. Ledakan dari bom ini akan mengeluarkan sejenis zat yang dapat membuat orang-orang yang menghirupnya tertarik satu sama lain.

Bom ini akan mengeluarkan sebuah zat kimia berjenis 'Aphrodisiac' yang dapat menurunkan rasa malu dan moral dari para tentara. Efek jangka pendek dari gas yang keluar dari bom tersebut dapat membuat mereka melakukan hubungan intim dengan satu sama lain.

Ya, eksperimen militer tentara AS ini memang terdengar gila. Akibat kegagalan ilmuwan dalam menyempurnakan bom aneh ini, eksperimen bom gay dihapus untuk selamanya.

5. Spy Cat

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Guna menelikung lawan di masa perang dingin, AS melalui CIA mengembangkan eksperimen militer dengan mengandalkan kucing. Hewan lucu yang jamak jadi peliharaan itu disulap menjadi hewan mata-mata. Menghabiskan dana yang tidak sedikit, CIA menangkap seekor kucing dan meletakkan beberapa alat mata-mata di dalam tubuhnya lewat sebuah operasi.

Meski terdengar mengerikan tetapi setelah operasi kucing tersebut dapat hidup dengan baik dan menjadi sebuah alat mata-mata. Sayangnya, saat uji coba pertama kucing tersebut tertabrak oleh taksi. Sejak saat itu, CIA menghentikan eksperimen militer aneh tersebut.

6. The Great Panjandrum

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


The Great Panjandrum, eksperimen senjata berupa gerobak besar berpeluncur roket, dan sarat bahan
peledak yang dirancang oleh militer Inggris selama Perang Dunia II. Bagian paling berbahaya dari The Great Panjandrum adalah tabung berukuran satu meter yang terletak di bagian tengahnya. Sebab, tabung tersebut telah dipenuhi dengan bom. (Baca juga: Arkeolog TemukanKuil dan Benteng Romawi Kuno di Mesir)

Sayangnya, setelah melalui berbagai tahap percobaan, Panjandrum tetap tidak bisa menggelinding sesuai dengan jalur yang diinginkan. Bom berjalan ini justru menjadi senjata berbahaya bagi para tentara yang mengoperasikannya. Akhirnya, eksperimen senjata aneh ini dihentikan.

7. Eksperimen kapal es raksasa Habbakuk

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Adalah Inggris yang mencetuskan 'Project Habbakuk'. Eksperimen militer ini bertujuan membuat sebuah kapal induk raksasa yang bisa dijadikan landasan bagi jet-jet tempur. Sayangnya, proyek ambisius tersebut hampir mustahil untuk dibuat. Mengapa? Sebab, kapal induk yang akan dibangun itu terbuat dari balok-balok es raksasa.

Bagian lambung kapal induk rencananya terbuat dari balok es raksasa. Ukurannya pun tidak main-main, panjangnya bisa mencapai 609 meter dengan lebar 12 meter.

Lapisan es kapal induk ini direncanakan terbuat dari kombinasi es dan benang wool agar tidak mudah mencair. Penelitian ini pun dihentikan karena dianggap sangat tidak mungkin untuk dibuat dan justru berbahaya mengingat
pemanasan global dunia semakin berbahaya.

8. Bom super busuk

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Jika bom biasanya ditujukan untuk menghancurkan sasaran, maka bom rancangan pemerintah AS satu ini dibuat untuk melumpuhkan tentara musuh. Tetapi, bom yang dibuat di Perang Dunia ke-II ini masih dapat membunuh tentara dengan cara lain, yakni melumpuhkan indera penciuman mereka.

Saat bom ini meledak, bau yang sangat mengganggu akan dikeluarkan dan menempel pada tentara atau barang-barang di sekitarnya. Bom ini menggabungkan berbagai bau busuk di dalamnya, termasuk bau kotoran manusia. Tak pelak, bom bau ini menjadi salah satu hasil eksperimen paling aneh yang ada di dunia militer.

9. 'Project Orcon'

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Eksperimen ini merupakan ide dari ahli perilaku AS bernama BF. Skinner yang ingin mengembangkan bom berpemandu yang dikendalikan burung merpati di era Perang Dunia II. Seekor burung dara akan dipasangkan pada sebuah roket, bersama dengan sebuah layar yang dapat menampilkan sasaran.

Ilmuwan berharap merpati tersebut akan terus mematuk sasaran di layar. Dengan begitu roket tersebut dapat terus meluncur ke arah sasaran dengan lebih tepat dan konsisten. Tetap saja, merpati tidak selalu bisa menjalankan
tugasnya dengan baik. Eksperimen ini akhirnya juga dihentikan sebab merpati sendiri ternyata tidak mampu membawa roket tersebut ke sasaran. (Baca juga: Bikin Ciut Nyali Musuh, Ini Senapan Sniper Paling Mematikan di Dunia)

10. Eksperimen paranormal Stargate

10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk


Eksperimen Stargate mungkin menjadi eksperimen militer paling aneh yang pernah dilakukan oleh CIA. Secara ilmiah eksperimen yang melibatkan paranormal ini justru bertentangan dengan ilmu pengetahuan.

Eksperimen gabungan antara CIA dan DIA (organisasi paranormal AS) ini bertujuan mengumpulkan informasi terkait dunia militer menggunakan jasa paranormal. Informasi utama yang diinginkan oleh CIA adalah tempat-tempat persembunyian musuh.

Ironisnya, setelah diperkirakan menghabiskan dana hingga ratusan triliun rupiah, CIA memutuskan menghentikan eksperimen Stargate. Alasannya karena mereka tidak bisa menemukan hasil menggembirakan dan sadar apabila eksperimen militer tersebut hanya menghabiskan uang dan sia-sia.

Sumber: www.toptenz.net
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)