Biden Belum Telepon Netanyahu Hingga Kini, PM Israel Harusnya Resah

Jum'at, 05 Februari 2021 - 15:27 WIB
loading...
A A A
"Biden menolak telepon dari Netanyahu," ujar pemimpin oposisi sayap kiri Partai Meretz Israel, Nitzan Horovitz, dalam blog di Facebook.

"Sekarang Netanyahu menuai buah busuk dari perpecahan yang dia buat dengan Demokrat," tegas dia.

Menurut analis Jerusalem Post, Herb Kinnon, "Jika Biden tidak menelepon, ini tidak berarti dia tidak menyukai kami, atau marah pada Netanyahu, atau bahwa dia akan bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir Iran besok atau memaksa Israel untuk kembali ke perbatasan tahun 1967. Ini berarti Israel dan Timur Tengah tidak berada di urutan teratas dalam daftar prioritasnya."

Biden akan menelepon cepat atau lambat, tambahnya. "Sementara itu, orang-orang Yahudi harus berhenti terobsesi dengan posisi Israel di daftar kontak Biden atau seberapa besar dia menyukai atau tidak menyukai kami dan Netanyahu," papar dia, dilansir Memo.

Kinnon bersikukuh bahwa nasib Israel bergantung pada keputusan yang dibuatnya dan cara tindakannya. "Tidak lagi tergantung pada kemauan satu pemimpin dunia atau lainnya. Sebagai bangsa, lebih baik kita memahami pergeseran ini."

The Post mengutip juru bicara Gedung Putih Jane Psaki yang mengatakan dia mengharapkan Biden menghubungi Netanyahu dalam beberapa pekan mendatang.

"(Biden) belum menghubungi semua pemimpin asing, tapi dia pasti ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara dengan para pemimpin asing," ujar dia.

Amos Yadlin, mantan kepala dinas intelijen militer Israel, Aman, mengatakan kepada Radio 103FM beberapa hari yang lalu. "Bukan rahasia lagi bahwa Partai Demokrat telah sangat kecewa dengan (Netanyahu) sejak pidato kongres yang dia sampaikan menentang perjanjian nuklir dengan Iran. Pidato yang tidak biasa, di mana seorang kepala negara asing menentang presiden AS di Kongres," kata dia.

Kejadian itu pada Maret 2015, ketika Biden menjadi bagian dari pemerintahan Obama.

"Ada banyak kemarahan terhadap perdana menteri, bahkan selama empat tahun kepresidenan Trump, yang merupakan tahun-tahun baik bagi hubungan Israel-Amerika. Tapi Demokrat tidak menyukai itu," tambah Yadlin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)