Biden Belum Telepon Netanyahu Hingga Kini, PM Israel Harusnya Resah

Jum'at, 05 Februari 2021 - 15:27 WIB
loading...
Biden Belum Telepon Netanyahu Hingga Kini, PM Israel Harusnya Resah
PM Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu bangga dengan kenyataan bahwa dia salah satu orang pertama yang ditelepon Donald Trump ketika dia masuk Gedung Putih empat tahun lalu.

Namun, Netanyahu masih menunggu telepon dari Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru Joe Biden .

Penundaan itu mungkin jadi indikasi realitas baru di Washington. Apa yang Trump berikan kepada Netanyahu tidak pernah diberikan oleh presiden AS mana pun kepada seorang pemimpin Israel.



Namun, dengan pemilu Israel yang akan datang bulan depan, Netanyahu membutuhkan telepon dari Biden sekarang untuk mendongkrak popularitasnya.

Lihat infografis: Blinken: Iran Hampir Miliki Semua Bahan Baku Produksi Bom Nuklir

"Ada 195 negara di dunia, dan Presiden AS Joe Biden belum menghubungi 188 dari mereka, tetapi hanya di Israel, orang-orang prihatin tentang pentingnya penundaan ini," tulis tajuk Jerusalem Post pada Rabu (3/2).

Lihat video: Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Malaysia di Istana Kepresidenan

Netanyahu menerapkan kebijakan konfrontatif dengan Partai Demokrat AS selama bulan-bulan terakhir kepresidenan Barack Obama. Biden adalah wakil presidennya saat itu.

Lebih khusus lagi, Netanyahu memprotes ketika pemerintahan Obama menandatangani perjanjian dengan Iran pada 2015. Netanyahu juga menyerang Obama setelah AS abstain pada tahun berikutnya daripada menggunakan hak vetonya dengan Resolusi PBB 2334 terhadap permukiman ilegal Israel di wilayah pendudukan Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)