3.000 Dosis Vaksin COVID-19 Palsu Dibuat di China untuk Diekspor

Rabu, 03 Februari 2021 - 00:00 WIB
loading...
3.000 Dosis Vaksin COVID-19 Palsu Dibuat di China untuk Diekspor
Ilustrasi kandidat vaksin untuk COVID-19. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Polisi China menangkap lebih dari 80 orang dan menyita lebih dari 3.000 dosis vaksin COVID-19 palsu. Para tersangka bermaksud untuk mengekspor vaksin abal-abal mereka.

Aksi polisi itu sebagai bagian dari kampanye untuk memerangi kejahatan terkait vaksin.



Para tersangka telah melakukan aksi penipuan ini setidaknya sejak September tahun lalu. Menurut laporan kantor berita Xinhua kemarin, bahwa semua dosis vaksin palsu telah dilacak.

Vaksin palsu dibuat dengan menyuntikkan garam ke dalam jarum suntik.

Surat kabar corong pemerintah; Global Times, mengutip sumber yang dekat dengan produsen vaksin utama China melaporkan para tersangka mungkin bermaksud untuk mengirim ribuan vaksin palsu tersebut ke luar negeri.

Baca juga: Tim Ahli WHO Tak Abaikan Kemungkinan Virus Corona Bocor dari Lab Wuhan

Laporan Xinhua menambahkan, operasi polisi dilakukan oleh polisi di banyak tempat termasuk Beijing, Shanghai dan provinsi timur Shandong.

Ulah sindikat pembuat vaksin palsu di China ini terbongkar ketika negara-negara di seluruh dunia telah meluncurkan program vaksin dengan harapan mengakhiri pandemi virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 selama setahun ini.



Beberapa perusahaan farmasi China sendiri merupakan salah satu pembuat vaksin COVID-19, salah satunya diekspor ke Indonesia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)