Suu Kyi Diduga Dikudeta Militer, Begini Peta Politik Myanmar

Senin, 01 Februari 2021 - 08:37 WIB
loading...
A A A
Ada kekhawatiran yang meningkat bahwa tentara dapat bergerak untuk menggulingkan Suu Kyi dari kekuasaan. Ketakutan telah dipicu oleh pernyataan baru-baru ini dari militer, yang dikenal sebagai Tatmadaw, yang menunjukkan bahwa mereka tidak berencana untuk menyerah pada klaim pemilu mereka.

Pada hari Selasa pekan lalu, juru bicara militer Brigadir Jenderal Zaw Min Tun mengatakan bahwa tentara akan "mengambil tindakan" jika perselisihan pemilu tidak diselesaikan. Ditanya apakah perselisihan itu berpotensi mengarah pada pengambilalihan militer, Tun tampaknya tidak mengesampingkan kemungkinan kudeta.

"Tunggu dan lihat masalah itu," katanya. Peringatan terselubung itu datang dua hari sebelum komisi pemilu pada Kamis pekan lalu menolak klaim militer atas ketidakberesan pemilu.



Ketika Suu Kyi berkuasa pada tahun 2015, dia memanfaatkan citranya sebagai ikon demokrasi yang terkenal dan simbol perlawanan damai internasional. Namun, sejak itu dia menuai banyak kritik karena meremehkan tuduhan pembunuhan massal militer terhadap Muslim Rohingya. Sekitar 700.000 anggota etnis minoritas Muslim itu mengungsi ke negara tetangga Bangladesh.

Berbicara di Pengadilan Internasional (ICJ) di Den Haag pada Desember 2019, Suu Kyi menyebut tuduhan genosida sebagai "gambaran faktual yang tidak lengkap dan menyesatkan" dari situasi di lapangan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)