AS-Korsel Sepakat Denuklirisasi Korut Adalah Masalah Mendesak

Rabu, 27 Januari 2021 - 22:05 WIB
loading...
AS-Korsel Sepakat Denuklirisasi Korut Adalah Masalah Mendesak
Menurut Kementerian Luar Negeri Korsel, Kang dan Blinken setuju bahwa denuklirisasi Korut adalah masalah mendesak yang membutuhkan kerja sama erat mereka. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha telah melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri baru Amerika Serikat (AS) , Antony Blinken. Isu mengenai Korea Utara (Korut) menjadi salah salah pembahasan utama keduanya.

Menurut Kementerian Luar Negeri Korsel, Kang dan Blinken, mereka setuju bahwa denuklirisasi Korut adalah masalah mendesak yang membutuhkan kerja sama erat mereka.

"Kedua menteri berbagi pemahaman bahwa masalah nuklir Korut perlu segera ditangani di bawah pemerintahan (Presiden AS Joe) Biden dan setuju untuk mempertahankan konsultasi erat untuk menyelesaikan masalah," kata Kementerian Luar Negeri Korsel.

"Kang dan Blinken juga sepakat untuk memperluas hubungan Korea Selatan-AS melalui kerja sama seputar masalah signifikansi global, seperti perubahan iklim dan Covid-19," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (27/1/2021).

Kang, menurut Kementerian Luar Negeri Korsel, juga mengucapkan selamat atas persetujuan Senat AS, yang membuat Blinken telah resmi menjadi Menteri Luar Negeri AS.

Seperti diketahui, Blinken resmi menjadi Menteri Luar Negeri AS setelah mendapatkan suara 78 setuju, berbanding 22 yang menolaknya di Senat AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)