Moderna Yakin Vaksinnya Dapat Melawan Varian Baru Covid-19

Selasa, 26 Januari 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A


Yee juga menyatakan kecepatan Moderna merancang vaksin itu membuktikan fleksibilitas teknologi baru mRNA.

Dr Paul Offit, pakar penyakit infeksi di Universitas Pennsylvania dan anggota panel penasehat vaksin Badan Obat dan Makanan AS menyatakan dia hanya sedikit khawatir vaksin itu tidak akan melindungi pengguna pada varian itu.

“Ada sedikit kekhawatiran bahwa Anda melihat respon antibodi yang kurang kuat, tapi itu tidak berarti Anda tidak terlindungi,” ujar dia.

“Tujuan vaksin ini menjaga Anda tidak masuk rumah sakit dan membuat Anda tak masuk rumah duka. Jika Anda mengalami gejala infeksi atau gejala ringan infeksi itu bukan beban bagi sistem layanan kesehatan,” papar Offit.

Moderna mengatakan suntikan vaksin baru dapat tersedia di masa depan jika bukti muncul bahwa perlindungan menurun.

Pfizer Inc dan BioNTech SE juga mengatakan tes menunjukkan vaksin mereka efektif terhadap varian yang ditemukan di Inggris, tetapi belum mengungkapkan hasil tes terhadap varian Afrika Selatan.

Varian yang pertama kali ditemukan di Inggris telah menyebabkan lonjakan besar kasus di sana dan juga telah ditemukan di lebih dari selusin negara bagian AS.

Pejabat kesehatan masyarakat AS memperkirakan varian itu menjadi jenis yang dominan di Amerika Serikat dalam waktu 6 pekan.

Moderna mengatakan pihaknya berencana mempublikasikan data pengujiannya terhadap varian di situs web bioRxiv.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)