Diklaim Mudah Habisi Jet F-35 AS Jika Duel, Ini 5 Fitur Canggih Su-57 Rusia

Senin, 25 Januari 2021 - 11:31 WIB
loading...
A A A
Su-57 memiliki fitur yang telah lama dijanjikan untuk F-22 tetapi hingga saat ini, belum pernah dikirimkan, yakni radar yang menghadap ke samping, dipasang di bawah kokpit di "pipi" pesawat. Radar aktif X-band yang dipindai secara elektronik (AESA) ini melengkapi radar AESA X-band N036 Byelka (Squirrel) yang dipasang di hidung. Kegunaan radar ini jelas, yaitu memberikan bidang pandang sensor yang jauh lebih besar dan dengan demikian meningkatkan kesadaran situasional bagi pilot Su-57.

2. Pencari dan Pelacak Inframerah (IRST)

Su-57 menggunakan sensor pencarian dan pelacakan inframerah 101KS "Atoll" yang canggih dalam posisi tradisional pada pesawat tempur Rusia, yang dipasang di atas hidung pesawat, di dekat kaca depannya. Meskipun penempatan ini jelas merugikan tanda radar Su-57 yang paling penting, IRST adalah salah satu teknologi terbaik yang tersedia untuk mendeteksi dan melibatkan target siluman dari jauh.

3. Sistem Penanggulangan Inframerah Terarah

Seperti F-22, Su-57 memiliki sejumlah lubang detektor peluncuran rudal yang tersebar di sekitar pesawat, tetapi Su-57 juga memiliki menara yang menembakkan sinar laser termodulasi pada pencari rudal yang masuk untuk membutakannya dan tentu saja menangkisnya. Sistem Rusia yang digunakan pada Su-57 adalah bagian dari rangkaian elektro-optik N101KS yang lebih besar yang mencakup sistem detektor peluncuran rudal, IRST, dan turret DIRCM yang dipasang di punggung belakang kokpit dan di bagian perut di bawah kokpit.

4. Vektor Dorong

Vektor dorong memiliki utilitas terbatas di sebagian besar amplop penerbangan pesawat tempur—dengan itu paling berguna pada ketinggian dan kecepatan yang sangat tinggi, atau dalam dekat atau post-stall regime—tetapi ini masih merupakan fitur keren untuk dimiliki, terutama jika keunggulan lain tetap berada di luar jangkauan teknologi. Mempertimbangkan pengorbanan dalam desain dan kemampuan yang diwakili Su-57, kemampuan untuk mengakali musuh dalam jangkauan visual masih merupakan hal yang positif.

5. Konfigurasi Weapon Bay yang Unik

Su-57 memiliki weapon baytandem yang unik. Masih belum tahu banyak tentang itu, tetapi tampaknya empat hingga enam rudal air-to-air jarak menengah dapat dibawa sekaligus secara internal. Bergantung pada kedalaman weapon bay, mungkin lebih sedikit senjata yang lebih besar yang dapat dibawa—seperti bom berpemandu atau rudal air-to-surface—tetapi harus menunggu informasi lebih resmi dan bukti foto untuk membahas hal ini lebih jauh.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)