Diklaim Mudah Habisi Jet F-35 AS Jika Duel, Ini 5 Fitur Canggih Su-57 Rusia

loading...
Diklaim Mudah Habisi Jet F-35 AS Jika Duel, Ini 5 Fitur Canggih Su-57 Rusia
Pesawat jet tempur siluman Sukhoi Su-57 Rusia. Foto/Sputnik/Grigory Sysoyev
MOSKOW - Salah satu pilot uji terhebat Rusia , pensiunan Mayor Jenderal Magomed Tolboyev, mengeklaim jet tempur Su-57 bisa dengan mudah mengalahkan jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) jika duel satu lawan satu. Ada lima fitur canggih yang membuat pesawat tempur generasi kelima Moskow itu sangat berbahaya.

"Su-57 akan membunuh (sebuah F-35) dengan mudah, jika mereka bertemu satu lawan satu. F-35 tidak bisa bermanuver, itu benar-benar tidak mampu. Tapi itu memang memiliki kekuatan elektronik," kata Tolboyev kepada kantor berita TASS.

Baca juga: Satu Lawan Satu, Su-57 Rusia Akan Mudah Bunuh F-35 AS

Menurutnya, perangkat elektronik pada F-35 yang rumit dapat terganggu bahkan oleh jilatan api matahari.



Tolboyev, seorang pilot uji terkenal yang merayakan ulang tahunnya yang ke-70 pada 20 Januari, mengatakan Su-57 akan mudah mengalahkan F-35 berkat kemampuan manuvernya yang superior.

"Inilah mengapa saya menentang segala sesuatu yang elektronik," kata pilot tersebut.

Tolboyev mencirikan Su-57 (nama kode NATO; Felon) sebagai "pesawat brilian", tetapi menggarisbawahi bahwa waktu pertempuran udara satu lawan satu sudah lama berakhir. Ya, sayangnya era saat ini adalah era peperangan elektronik yang tidak memungkinkan jet tempur duel satu lawan satu seperti era Perang Dingin maupun Perang Vietnam.



“Hari ini, Anda tidak lagi bertarung satu lawan satu. Semuanya tergantung pada dukungan Anda. Ada peperangan elektronik hari ini. Ini bukan lagi sparring tatami, tapi pendekatan kompleks untuk masalah taktis," katanya.
halaman ke-1 dari 4
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top