Spanyol Mulai Karantina Semua Pelancong dari Luar Negeri

Jum'at, 15 Mei 2020 - 21:15 WIB
loading...
Spanyol Mulai Karantina Semua Pelancong dari Luar Negeri
Petugas medis mengamati computer di ruang ICU di rumah sakit Madrid, Spanyol, 14 Mei. Foto/REUTERS/Susana Vera
A A A
MADRID - Spanyol mulai menerapkan karantina pada para pelancong dari luar negeri pada Jumat (15/5). Pembatasan baru pada perjalanan internasional itu untuk mencegah penyebaran virus corona.

Saat ini jumlah korban meninggal harian akibat corona terus turun. Mulai Jumat (15/5), orang yang tiba dari luar negeri harus melakukan karantina mandiri selama dua pekan di rumah.

Otoritas juga memperpanjagn pembatasan untuk masuk ke Spanyol hingga 15 Juni dan membatasi akses ke lima bandara dan delapan pelabuhan laut.

Belasan penumpang yang datang dari luar negeri di beberapa bandara Spanyol telah dites karena demam dan menerima dokumen dengan perintah yang harus mereka ikuti.

“Kita tidak bisa meninggalkan rumah kita selama 14 hari, hanya untuk pergi ke dokter atau supermarket, dengan tetap menjaga jarak aman, selalu memakai masker saat kita keluar,” ungkap Rosalie Gallego, penumpang yang mendarat di Madrid dalam penerbangan dari Havana, Kuba.

Pembatasan baru diterapkan pada pelancong yang datang saat jumlah korban meninggal baru turun menjadi 138 pada Jumat (15/5), dari lebih dari 200 orang pada Kamis (14/5).

Jumlah harian korban meninggal itu terus turun sejak mencapai 950 orang pada awal April. (Baca Juga: Jepang Mulai Keluar dari Darurat Virus, Tokyo Masuki ‘Normal Baru’)

Otoritas menyatakan lockdown ketat yang diterapkan negara itu dan pembatasan perjalanan dari luar negeri turut mencegah penyebaran wabah.

Jumlah kasus di Spanyol mencapai 230.183 pada Jumat (15/5). Tes antibodi dari 60.000 orang menunjukkan sebanyak 2,3 juta orang telah terkena penyakit itu. (Baca Juga: Trump Tak Mau Bicara dengan Xi, Bisa Putus Hubungan dengan China)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)