Netanyahu Desak Presiden Joe Biden Perkuat Aliansi AS-Israel

loading...
Netanyahu Desak Presiden Joe Biden Perkuat Aliansi AS-Israel
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mendesak Presiden baru Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk memperkuat aliansi lama antara kedua negara. Menurutnya, aliansi perlu diperkuat, sebagian untuk menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh Iran.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat aliansi AS-Israel, untuk terus memperluas perdamaian antara Israel dan dunia Arab dan untuk menghadapi tantangan bersama, terutama ancaman yang ditimbulkan oleh Iran," kata Netanyahu pada hari Rabu, yang dilansir AFP, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Trump Tinggalkan Catatan untuk Biden di Gedung Putih lalu Hengkang, Apa Isinya?

Pemimpin Israel itu berbicara dalam sebuah video yang memberi ucapan selamat kepada Biden beberapa saat setelah dia dilantik sebagai presiden AS, menggantikan Donald Trump.



Netanyahu, yang menyebut Trump sebagai "sahabat" Israel di Gedung Putih, mencatat bahwa dia memiliki persahabatan pribadi yang hangat selama beberapa dekade dengan Biden.

Sementara itu, kelompok Hamas yang mengontrol Jalur Gaza, Palestina, mengatakan "tidak menyesal" melihat Trump lengser. Menurut Hamas, Trump sumber utama dunia sebagai sponsor penindasan, kekerasan, dan ekstremisme dan bermitra dalam agresi Israel terhadap Palestina.

"Biden harus memperbaiki jalur sejarah yang salah dari kebijakan Amerika yang menindas rakyat kami, dan mengakhiri kebijakan yang bertujuan menghancurkan perjuangan Palestina," kata juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum.



Kepresidenan Palestina mengecam Netanyahu, yang pada hari Minggu mengumumkan bahwa Israel menyetujui 780 rumah pemukim baru di Tepi Barat yang diduduki, menjelang pemilihan umum Maret.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top