Vaksin Pfizer Diklaim Efektif Melawan Varian COVID-19 dari Inggris

loading...
Vaksin Pfizer Diklaim Efektif Melawan Varian COVID-19 dari Inggris
Vaksin Pfizer diklaim efektif melawan Varian COVID-19 dari Inggris. Foto/Ilustrasi
LONDON - Vaksin virus Corona yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech diklaim efektif melawan varian baru COVID-19 asal Inggris sangat mudah menular. Demikian hasil sebuah studi yang dilakukan oleh kedua perusahaan.

Varian virus COVID-19, yang dikenal sebagai B.1.1.7., diperkirakan pertama kali muncul di Inggris pada September 2020. Virus mutan ini memiliki jumlah mutasi yang sangat tinggi dan dikaitkan dengan transmisi yang lebih efisien dan cepat.

Karakteristik varian tersebut telah menimbulkan kekhawatiran tentang efektivitas vaksin COVID-19 terhadapnya.





Namun, penelitian yang diterbitkan di server pracetak bioRxiv menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan secara biologis dalam aktivitas netralisasi antara tes laboratorium pada B.1.1.7 dan strain asli dari virus Corona baru.

Studi tersebut, yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, menemukan bahwa semua mutasi yang terkait dengan varian yang baru ditemukan dinetralkan oleh antibodi dalam darah 16 peserta yang sebelumnya telah diberi vaksin.

Setengah dari peserta berusia antara 18 dan 55 dan separuh lainnya berusia antara 56 dan 85.



Penulis studi tersebut memperingatkan penyebaran cepat varian COVID-19 di seluruh dunia memerlukan pemantauan berkelanjutan terhadap signifikansi perubahan untuk perlindungan yang dipertahankan oleh vaksin resmi saat ini seperti dikutip dari CNBC, Rabu (20/1/2021).
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top