Sejarah Pelantikan Presiden AS: Drama Tinggi dan Para Pecundang

Selasa, 19 Januari 2021 - 13:55 WIB
loading...
A A A
Tapi itu positif seperti musim semi pada tahun 1953 ketika Presiden Dwight Eisenhower diikat oleh koboi Hollywood Montie Montana selama parade ringannya.

Sumpah Dua Kali untuk Obama

Barack Obama, presiden kulit hitam pertama, harus mengucapkan sumpahnya dua kali setelah kesalahan pada upacara 2009-nya.

Ketua Mahkamah Agung John Roberts mengacaukan kalimat itu sehingga dia harus dilantik lagi keesokan harinya di Gedung Putih.

Presiden Herbert Hoover mengalami masalah yang sama pada tahun 1929.

Kutipan yang Tak Terlupakan

Pidato pelantikan berisi beberapa baris paling terkenal dalam sejarah Amerika.

“Satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri,” kata Franklin D. Roosevelt dalam pidato pelantikannya sebagai presiden pada 4 Maret 1933 saat AS terperosok dalam depresi.

“Jangan tanya apa yang negara Anda dapat lakukan untuk Anda—tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara Anda,” kata John F. Kennedy, presiden termuda yang pernah terpilih dalam sejarah AS.

"Pembantaian Amerika berhenti di sini," janji Donald Trump pada pelantikannya sebagai presiden pada tahun 2017. Namun, ucapan itu justru memicu penyerbuan Gedung Capitol AS oleh massa pendukungnya di hari-hari terakhir masa jabatannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)