Ilmuwan Whistleblower Covid-19 AS Beber Respons Kacau Pemerintah Trump

Jum'at, 15 Mei 2020 - 15:29 WIB
loading...
Ilmuwan Whistleblower Covid-19 AS Beber Respons Kacau Pemerintah Trump
Rick Bright (kiri), seorang ilmuwan yang dipecat dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Erin Scott
A A A
WASHINGTON - Rick Bright, seorang ilmuwan yang dipecat dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Amerika Serikat (AS) bulan lalu, mengungkap kacaunya pemerintah Donald Trump dalam merespons pandemi Covid-19 .

Kepada Kongres Amerika hari Kamis, ilmuwan whistleblower itu membongkar betapa amburadulnya pemerintah dalam menangani pandemi penyakit yang disebabkan virus corona baru; SARS-CoV-2.

"Saya tidak akan pernah melupakan email yang saya terima dari Mike Bowen yang menunjukkan bahwa...persediaan masker kami, persediaan respirator N95 kami, benar-benar hancur," kata Bright saat bersaksi di depan subkomite Komite Kongres untuk Energi dan Perdagangan.

"Dan dia (Mike Bowen) berkata; 'Kita berada di dalam dunia ini. Dan kita harus bertindak'," kenang Bright. "Dan saya mendorong itu ke tingkat tertinggi yang saya bisa di HHS (Layanan Kesehataan Nasional) dan tidak mendapat tanggapan," papar ilmuwan yang dipecat tersebut, seperti dikutip Business Insider, Jumat (15/5/2020). (Baca: AS Gila-gilaan Bikin Senjata Nuklir, tapi Tak Berdaya Lawan Covid-19 )

“Sejak saat itu, saya tahu bahwa kami akan mengalami krisis untuk petugas kesehatan kami, karena kami tidak mengambil tindakan. Kami sudah berada di belakang bola. Itu adalah jendela kesempatan terakhir kami untuk mengaktifkan produksi (peralatan medis) itu untuk menyelamatkan nyawa para petugas kesehatan, dan kami tidak bertindak," katanya.

Bright, menurut The New York Times, mengatakan dia dipecat sebagai direktur Otoritas Penelitian dan Pengembangan Biomedis Lanjutan (BARDA) Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan karena menolak seruan Gedung Putih untuk menggunakan obat malaria hydroxychloroquine sebagai obat untuk Covid-19 . Masih kurang bukti bahwa itu sebagai obat ampuh untuk Covid-19.

Paparannya di depan Kongres disambut kubu oposisi, yakni para politisi Partai Demokrat.

Bright pada bulan ini membuat tuduhan bahwa HHS mengabaikan peringatan awal tentang wabah virus corona baru. Bright mengatakan dia mengibarkan "bendera merah" tentang kesiapan AS dalam merespons wabah Covid-19, yang oleh WHO dinyatakan sebagai pandemi pada pertengahan Maret. (Baca juga: Trump akan Mobilisasi Militer untuk Distribusikan Vaksin Covid-19 )

Bright juga mengatakan dia memperingatkan tentang wabah di AS pada awal Januari. Namun, peringatannya disambut dengan ketidakpedulian yang kemudian berkembang menjadi permusuhan oleh para petinggi di HHS.

Menurut laporan CNN, pihak pengacara Bright mengatakan bahwa pemecatannya melanggar Undang-Undang Perlindungan Pelaporan dan bahwa ilmuwan itu terlibat dalam banyak contoh kegiatan yang dilindungi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)