Mantan Menlu Ethiopia Tewas dalam Penumpasan Pemberontak di Tigray

Kamis, 14 Januari 2021 - 11:33 WIB
loading...
Mantan Menlu Ethiopia Tewas dalam Penumpasan Pemberontak di Tigray
Mantan Menteri Luar Negeri Ethiopia Seyoum Mesfin. Foto/Russia Today
A A A
ADDIS ABABA - Mantan Menteri Luar Negeri Ethiopia Seyoum Mesfin termasuk di antara tiga pemimpin yang tewas oleh pasukan pemerintah dalam tindakan keras yang sedang berlangsung di wilayah utara Tigray, yang dituduh oleh pihak berwenang di Addis Ababa sebagai pemberontakan.

"Seyoum, Abay Tsehaye, Asmelash Woldeselassie dan Kolonel Kiros Hagos tewas dalam baku tembak yang dilakukan dengan keamanan pribadi kelompok kriminal setelah menolak untuk menyerah kepada militer Ethiopia," cuit pusat krisis pemerintah Ethiopia.

"Lima pejabat kunci dari Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) ditangkap dalam operasi yang sama," kata pemerintah seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (14/1/2021).



Selama akhir pekan, pemerintah Perdana Menteri Abiy Ahmed mengatakan telah membunuh 15 anggota TPLF dan menangkap delapan lainnya, sementara salah satu pendiri partai, Sebhat Nega, dilaporkan ditangkap pada pekan lalu.

Seyoum adalah menteri luar negeri pertama Ethiopia, setelah penggulingan kediktatoran militer Mengistu Haile Mariam tahun 1991. Dia meninggalkan pos tersebut pada tahun 2010 untuk bertugas sebagai duta besar Ethiopia untuk China.

TPLF telah menyatakan pemerintah Abiy tidak sah setelah dia menunda pemilu pada Juni 2020, dengan alasan kekhawatiran virus Corona.



Setelah ketegangan berbulan-bulan, Abiy melancarkan operasi militer untuk "membebaskan" Tigray pada awal November 2020, mendeklarasikan keadaan darurat enam bulan yang memberinya kekuasaan ekstensif untuk menindak kegiatan ilegal yang mengancam tatanan konstitusional. Dia menuduh pemerintah daerah menyerang pangkalan militer, yang dibantah TPLF.

Pada tanggal 23 November, pemerintah Abiy mengatakan bahwa pasukannya telah mengepung Ibu Kota regional Mekelle dengan pasukan dan tank, dan memberi waktu 72 jam kepada "pemberontak" untuk menyerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)