Jong-un Lempar Tantangan ke Biden, Korut Siap Konfrontasi dengan AS

Selasa, 12 Januari 2021 - 15:25 WIB
loading...
Jong-un Lempar Tantangan ke Biden, Korut Siap Konfrontasi dengan AS
Pemimpin Korut Kim Jong-un melempar tantangan ke presiden AS terpilih Joe Biden. Foto/Strits Times
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) baru saja selesai menggelar kongres pertama Partai Buruh yang berkuasa di negara itu, kurang dari dua minggu sebelum pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru. Pertemuan langka partai yang berkuasa di Korut itu berakhir dengan pemberian gelar baru secara simbolis kepada pemimpin negara itu, Kim Jong-un . Pertemuan itu juga menghasilkan tantangan bagi presiden AS yang akan datang.

Dalam pertemuan tersebut, mengutip pembenaran yang digunakan Korut untuk terus maju dengan program senjata nuklirnya, Kim Jong-un menyebut AS sebagai "musuh terbesar" negaranya. Kemajuan denuklirisasi, katanya, akan sepenuhnya bergantung pada diakhirinya agresi Amerika.(Baca juga: Kim Jong-un: Korut Harus Terus Kembangkan Senjata Nuklir )

"Kegiatan politik luar negeri kami harus difokuskan dan diarahkan untuk menaklukkan AS, musuh terbesar kami dan hambatan utama bagi perkembangan inovasi kami," kata Kim, menurut kantor berita resmi negara itu KCNA.



"Tidak peduli siapa yang berkuasa di AS, sifat AS yang sebenarnya dan kebijakan fundamentalnya terhadap Korea Utara tidak pernah berubah," tambahnya.

“Kunci untuk membangun hubungan baru antara (Korea Utara) dan Amerika Serikat adalah apakah Amerika Serikat menarik kebijakan permusuhannya,” tegasnya seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (12/1/2021).

Tantangannya ke Washington termasuk prospek kapal selam bertenaga nuklir, yang sekarang dilaporkan dalam tahap pengujian, dan rencana untuk membangun teknologi nuklir yang ada dengan hulu ledak nuklir yang lebih kecil untuk diterapkan secara berbeda tergantung pada subjek target.

Hampir satu dekade sejak ia menggantikan ayahnya, Kim Jong-il, sebagai anggota ketiga Dinasti Kim yang memerintah Korut, Kim membuka kongres dengan pengakuan atas kegagalan yang jarang dilakukan. Setahun krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya - penutupan perbatasan yang dipaksakan oleh pandemi dengan mitra dagang terbesarnya China, bencana alam dan sanksi internasional - telah menyebabkan kegagalan hampir total dari rencananya untuk ekonomi negara yang sudah rapuh, katanya.

Tetapi pada akhir pekan, beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-37, Kim diangkat sebagai sekretaris jenderal Partai Pekerja, sebuah jabatan yang sebelumnya dipegang oleh ayah dan kakeknya, Kim Il-sung. Para analis menilai ini adalah sebuah gerakan yang sangat simbolis yang dimaksudkan untuk memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan.(Baca juga: Kim Jong-un Terpilih sebagai Sekjen Partai Buruh, Kekuasaannya Makin Kuat )

"Pengambilalihan Kim menunjukkan keyakinannya, bahwa dia sekarang telah resmi bergabung dengan ayah dan kakeknya," kata Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Kajian Korea Utara di Seoul.

"Ini juga menunjukkan niat strategisnya untuk memusatkan sistem kepartaian di sekitarnya dan memperkuat aturan satu orangnya," ia menambahkan.

Sudah sepantasnya pertemuan yang waktu dan agendanya sebagian besar merupakan misteri membuat dunia berjuang untuk menafsirkan pemecatan saudara perempuannya, Kim Yo-jong, dari politbiro partai yang kuat, meskipun dia tetap menjadi anggota komite pusat.

Apa yang dilihat beberapa pengamat sebagai penurunan pangkat, yang lain menafsirkan sebagai tanda bahwa Yo-jong, yang kehadirannya sangat konstan selama KTT nuklir kakaknya dengan Donald Trump, akan terus memberikan pengaruh pada kebijakan, terutama terhadap Korea Selatan (Korsel).(Baca juga: Adiknya Tersingkir dari Politbiro Partai Buruh, Kim Jong-un Makin Berkuasa )

"Masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang statusnya, karena dia masih menjadi anggota komite pusat dan ada kemungkinan dia telah mengambil posisi penting lainnya," kata Lim Eul-chul, seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Kyungnam, di Seoul, Korsel.

Bentuk keterlibatan apa yang diambil Yo-jong akan sangat bergantung pada Biden dan mitranya dari Korsel, Moon Jae-in, yang tidak banyak menunjukkan kebijakan untuk mengakhiri pendekatan garis keras pendahulunya yang konservatif terhadap Pyongyang, dan menggunakan pidato Tahun Baru untuk berbicara tentang membuang upaya untuk memperbaiki hubungan lintas batas dan memulai kembali perundingan nuklir AS-Korut.

Waktu Biden sebagai wakil presiden tidak digunakan dengan baik. Barack Obama dituduh gagal memberikan perhatian yang layak untuk pengembangan nuklir dan rudal Korut. Biden menyebut Kim sebagai "preman", sementara Korut mengecam presiden AS terpilih itu sebagai "anjing gila" yang perlu "dipukuli sampai mati dengan tongkat".

Tetapi seperti yang dibuktikan oleh KTT Kim Jong-un dan Trump setelah saling menghina, pertengkaran tidak perlu menjadi penghalang untuk maju.

Kurt Campbell, diplomat tertinggi AS untuk Asia Timur di bawah Obama, menggambarkan tiga pertemuan Trump dengan Kim Jong-un sebagai "keberanian yang luar biasa", meskipun tidak ada kemajuan substansial yang dibuat dalam melepaskan Kim dari persenjataan nuklir yang dianggap termasuk rudal yang mampu menyerang daratan AS.

"Salah satu tantangan utama pemerintahan Biden adalah kebutuhan untuk membuat keputusan awal tentang apa yang harus dilakukan sehubungan dengan Korea Utara," kata Campbell bulan lalu, menambahkan bahwa periode penundaan selama pemerintahan Obama memungkinkan Korut untuk mengambil langkah "provokatif" yang pada dasarnya mengarah pada kemungkinan keterlibatan.

Saat mata dunia kembali beralih ke US Capitol, Kim Jong-un telah berhenti mengejek Trump yang menandai pertemuan awalnya. Namun nadanya di kongres juga merupakan peringatan bagi Biden untuk tidak mengulangi kesalahan kebijakan yang dibuat terakhir kali dia memiliki akses ke Gedung Putih.

"Pesan Kim diartikan bahwa dia tidak akan mencoba menjangkau (Korea) Selatan dan AS terlebih dahulu, meskipun dia akan tetap terbuka untuk berdialog dengan mereka," kata Korea Times dalam sebuah tajuk rencana pada hari Selasa, mencatat bahwa latihan militer Korsel-AS yang dianggap sebagai provokasi di mata Korut tinggal tiga bulan lagi.

"Dengan ini, Kim telah memindahkan bola ke pengadilan Seoul dan Washington," demikian tajuk rencana itu.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)