AS Bersiap Tetapkan Houthi Organisasi Teroris, Arab Saudi Senang

loading...
AS Bersiap Tetapkan Houthi Organisasi Teroris, Arab Saudi Senang
Logo Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Foto/Al Arabiya English
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang bersiap untuk menetapkan Houthi Yaman sebagai organisasi teroris. Arab Saudi sedang dan menyambut baik langkah Washington tersebut.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam pernyataan yang dilansir SPA, Selasa (12/1/2021), mengatakan Riyadh menyambut baik keputusan Amerika Serikat untuk menunjuk milisi Houthi yang didukung Iran sebagai organisasi teroris dan untuk mengklasifikasikan tiga pemimpinnya sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus (SDGT). (Baca: AS Segera Tetapkan Houthi Yaman sebagai Organisasi Teroris )

"Langkah tersebut sejalan dengan upaya pemerintah Yaman untuk mengakhiri pelanggaran milisi yang didukung Iran dan bahaya nyata yang ditimbulkannya, yang telah menyebabkan memburuknya situasi kemanusiaan rakyat Yaman, dan ancaman yang berkelanjutan untuk perdamaian dan keamanan internasional," kata kementerian tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan hari Senin mengatakan Amerika Serikat akan menunjuk milisi Houthi yang didukung Iran sebagai organisasi teroris, dan tiga pemimpinnya sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus (SDGT).



"Departemen Luar Negeri akan memberi tahu Kongres tentang niat saya untuk menunjuk Ansarallah—kadang-kadang disebut Houthi—sebagai Organisasi Teroris Asing (FTO), di bawah pasal 219 Undang-Undang Imigrasi dan Kebangsaan, dan sebagai entitas Teroris Global yang Ditunjuk Khusus (SDGT) sesuai dengan Perintah Eksekutif 13224," bunyi pernyataan Pompeo.

“Saya juga bermaksud menunjuk tiga pemimpin Ansarallah, Abdul Malik al-Houthi, Abd al-Khaliq Badr al-Din al-Houthi, dan Abdullah Yahya al Hakim, sebagai SDGT,” imbuh Pompeo. (Baca juga: Massa Pro-Trump Siapkan Pemberontakan Besar-besaran Jelang Pelantikan Biden )

Kementerian Luar Negeri Kerajaan Saudi mengatakan mereka berharap langkah itu akan mengakhiri tindakan teroris Houthi dan mencegah pendukungnya memasok kelompok itu dengan rudal, drone, senjata, dan dana.



Kementerian Luar Negeri Yaman juga menyambut baik keputusan AS dan mengatakan bahwa langkah tersebut sejalan dengan upaya pemerintah untuk menghukum milisi.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top