Bolton Sebut Trump Harus Diselidiki Karena Lakukan Hasutan untuk Berbuat Kerusuhan

Minggu, 10 Januari 2021 - 10:30 WIB
loading...
Bolton Sebut Trump Harus Diselidiki Karena Lakukan Hasutan untuk Berbuat Kerusuhan
Bolton mengatakan, Trump harus diselidiki di bawah undang-undang penghasutan karena menghasut pendukungnya untuk menyerbu Capitoll Hill dan berharap bisa membatalkan hasil pemilu. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengatakan bahwa Donald Trump harus mengundurkan diri dari jabatan kepresidenannya. Bolton juga mengatakan, Trump harus diselidiki di bawah undang-undang penghasutan karena menghasut pendukungnya untuk menyerbu Capitoll Hill dan berharap bisa membatalkan hasil pemilu.

(Baca juga : Akibat Perang dan Kerusuhan, Ini Migrasi Manusia Terbesar Dalam Sejarah )

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Channel 4 News Matt Frei, Bolton mengindikasikan bahwa Trump harus mundur sebagai presiden, meskipun dia mengakui sama sekali tidak ada kemungkinan Trump akan melakukannya.

(Baca juga : Hubungi Jokowi, Putin Sampaikan Belasungkawa Atas Insiden Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 )

Namun, Bolton tidak senang dengan upaya untuk meminta Amandemen ke-25 atau bergerak untuk menyusun artikel pemakzulan terhadap Trump. Keduanya merupakan langkah yang didukung oleh banyak anggota parlemen kongres.( Gagal Jadi Presiden Amerika, Mobil Donald Trump Dilelang )

“Saya pikir bagi mereka yang mengadvokasi baik meminta Amandemen ke-25 - di mana situasi ini tidak dibuat, atau pemakzulan, mereka harus dapat membuat kasus bahwa melanjutkan salah satu dari garis itu akan membuat situasi beberapa hari kedepan lebih baik daripada sekarang, dan saya rasa mereka tidak bisa membuat kasus itu, ”katanya.

(Baca juga : Chandler Nekat Seret Khabib Tarung Gulat Amerika vs Sambo Rusia )

Sebaliknya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (10/1/2021), Bolton mengisyaratkan bahwa para pejabat harus secara efektif membiarkan semuanya berjalan sampai hari pelantikan. ( Baca juga: Mayoritas Rakyat AS Ingin Trump Segera Dipecat setelah Rusuh US Capitol )

“Saya tidak terlalu khawatir bahwa dia akan melakukan banyak hal di bidang apa pun. Saya pikir kita semua akan lebih baik jika dia naik Air Force One dan terbang ke Florida dan menghabiskan hari-harinya bermain golf. Saya tidak berpikir kita harus melebih-lebihkan bahaya di sini," ungkapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)