Putra Mahkota Arab Saudi: KTT Teluk Bawa Anggota Menuju Reunifikasi

loading...
Putra Mahkota Arab Saudi: KTT Teluk Bawa Anggota Menuju Reunifikasi
Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS). Foto/REUTERS
RIYADH - Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) menegaskan Saudi berkomitmen mencapai "kepentingan tertinggi" negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan negara-negara Arab lainnya.

Pernyataan itu diungkapkan menjelang konferensi tingkat tinggi (KTT) GCC.

Menurut Putra Mahkota MBS, KTT GCC di Arab Saudi pada Selasa yang dipimpin oleh Raja Salman, akan menjadi pertemuan yang komprehensif dan "inklusif".

“Yang membawa anggota ke reunifikasi, yang memperkuat jalan menuju kemakmuran dan satu solidaritas dalam menghadapi tantangan yang dihadapi kawasan Timur Tengah,” papar Putra Mahkota MBS, dilansir Arab News. (Baca Juga: Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir Cabut Blokade Qatar Hari Ini)



Dia juga mengatakan KTT GCC akan menjadi pertemuan puncak yang bekerja untuk mencapai aspirasi Raja Salman dan saudara-saudaranya, para pemimpin negara-negara GCC. (Lihat Infografis: Ratusan Warga Israel Terinfeksi Covid-19 Setelah Disuntik Vaksin)

“Putra mahkota juga berdoa untuk keamanan, stabilitas, solidaritas, dan kohesi negara-negara anggota GCC,” papar laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA). (Lihat Video: Tidak Beridentitas, Ini Cara Kerja Drone Bawah Laut yang Ditemukan Nelayan)

Pernyataan Putra Mahkota MBS muncul ketika Kuwait mengumumkan akan membuka kembali perbatasan dan wilayah udaranya ke Qatar.





Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan membahas hubungan antara Saudi dan dua negara teluk, yakni Menlu Oman dan Kuwait.

Dalam panggilan telepon, Pangeran Faisal membahas masalah yang menjadi perhatian bersama dengan Sheikh Ahmad Al-Sabah dari Kuwait dan Menlu Oman Sayyed Badr Al-Busaidi.

“Dia juga melakukan percakapan dengan Menlu Yunani dan India,” papar laporan SPA.
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top