Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir Cabut Blokade Qatar Hari Ini

Selasa, 05 Januari 2021 - 09:24 WIB
loading...
Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir Cabut Blokade Qatar Hari Ini
Penguasa Qatar Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani bertemu Penasehat Presiden AS Jared Kushner di Doha, Qatar, 2 Desember 2020. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Terobosan telah dicapai dalam perselisihan tiga tahun antara Qatar dengan Arab Saudi dan tiga negara Arab lainnya.

“Kesepakatan yang bertujuan mengakhiri keretakan mereka akan ditandatangani di Arab Saudi pada Selasa (5/1),” ungkap seorang pejabat senior pemerintahan Amerika Serikat (AS).

Perkembangan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian kesepakatan Timur Tengah yang didukung Washington.

Kesepakatan lain melibatkan Israel dan negara-negara Arab yang bertujuan membangun front persatuan melawan Iran.

“Sebagai bagian dari kesepakatan, Arab Saudi akan membuka kembali wilayah udara serta perbatasan darat dan lautnya ke Qatar mulai Senin,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Kuwait Ahmad Nasser al-Sabah di Kuwait TV menjelang konferensi tingkat tinggi (KTT) Teluk Arab di Arab Saudi pada Selasa. (Baca Juga: Mengerikan, Semua Pasien di ICU Meninggal karena Pasokan Oksigen Habis)

Kantor berita Saudi, SPA, mengutip penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang mengatakan, “Pertemuan tahunan para pemimpin Teluk akan menyatukan jajaran Teluk dalam menghadapi tantangan yang dihadapi kawasan." (Lihat Infografis: Ratusan Warga Israel Terinfeksi Covid-19 Setelah Disuntik Vaksin)

“Penguasa Qatar Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani akan hadir,” papar pihak kerajaan Saudi. (Lihat Video: Tidak Beridentitas, Ini Cara Kerja Drone Bawah Laut yang Ditemukan Nelayan)

Pejabat AS itu mengatakan putra mahkota Saudi dan emir Qatar akan menandatangani kesepakatan itu.



Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir telah memberlakukan embargo diplomatik, perdagangan, dan perjalanan di Qatar sejak pertengahan 2017 karena negara itu dituduh mendukung terorisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)