Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir Cabut Blokade Qatar Hari Ini

Selasa, 05 Januari 2021 - 09:24 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan Turki mendukung semua upaya membawa stabilitas di kawasan Teluk.

“Kushner, Utusan Timur Tengah Avi Berkowitz dan Penasihat Khusus Departemen Luar Negeri Brian Hook terbang ke kota al-Ula di Arab Saudi untuk menghadiri upacara tersebut,” ungkap pejabat AS itu.

Jika kesepakatan itu berlaku, sengketa Teluk akan ditambahkan ke serangkaian pencapaian diplomatik tim Kushner. Daftar itu mencakup kesepakatan normalisasi tahun lalu antara Israel dan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Kushner, yang juga menantu Presiden AS Donald Trump, telah mengerjakan lebih banyak kesepakatan normalisasi antara Israel dan negara-negara Arab tetapi mungkin kehabisan waktu dengan Presiden terpilih Joe Biden yang mengambil alih kursi kepresidenan pada 20 Januari.

"Ini terobosan besar. Blokade akan dicabut. Ini akan memungkinkan perjalanan antar negara serta barang. Ini akan mengarah pada lebih banyak stabilitas di kawasan," ujar pejabat AS itu.

Para diplomat di kawasan itu mengatakan bahwa Arab Saudi tertarik mendorong kesepakatan menyelesaikan perselisihan untuk menunjukkan kepada Biden bahwa mereka pembawa damai dan terbuka untuk dialog.

Amerika Serikat memiliki sekitar 10.000 tentara di Qatar, yang merupakan rumah bagi Pangkalan Udara Al Udeid. Ada ribuan tentara AS lainnya di UEA, Kuwait, Bahrain, dan Arab Saudi.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)