Rusak 500 Dosis Vaksin COVID-19, Apoteker di AS Ditangkap

Jum'at, 01 Januari 2021 - 18:30 WIB
loading...
Rusak 500 Dosis Vaksin COVID-19, Apoteker di AS Ditangkap
Seorang apoteker di AS ditangkap karena merusak 500 dosis vaksin COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Seorang karyawan rumah sakit Grafton, Amerika Serikat (AS) yang mengaku sengaja mengeluarkan 57 botol vaksin virus Corona Moderna dari cold storage - dan dipecat karenanya - telah ditangkap atas tiga tuduhan kejahatan.

Pegawai rumah sakit itu ditangkap pada hari Kamis waktu setempat atas tuduhan tingkat pertama yang direkomendasikan. Ia secara sembrono membahayakan keselamatan nyawa manusia, memalsukan resep obat, dan tindakan kriminal merusak properti. Kesemuanya merupakan tindak pidana. Ia saat ini ditahan di penjara Distrik Ozaukee, namun identitasnya belum dirilis ke publik.

Aurora Health, operasional rumah sakit tempat insiden itu terjadi, mengungkapkan pada hari sebelumnya bahwa apoteker tersebut telah dipecat. Penyelidikan awal menunjukkan bahwa dia telah secara tidak sengaja meninggalkan botol - masing-masing berisi 10 dosis vaksin - keluar dari lemari es yang dibutuhkan untuk menjaga dalam semalam. Botol-botol itu rusak dan harus "dibuang".

"Apoteker itu kemudian mengakui secara tertulis bahwa dia melakukannya dengan sengaja," kata Aurora Health, seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (1/1/2021).

Hal ini mendorong pihak perusahaan untuk memecatnya dan memberi tahu pihak berwenang, termasuk FBI. Belum diketahui motif pelaku melakukan hal itu.

Kedua vaksin yang saat ini disetujui untuk digunakan melawan virus Corona di AS harus disimpan di cold storage sebelum diberikan. Vaksin Moderna tiba dalam keadaan beku antara -25°C dan -15°C dan harus disimpan di lemari es antara 2°C dan 8°C, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS).

Vaksin Moderna telah disetujui untuk penggunaan darurat pada 18 Desember lalu - seminggu setelah vaksin COVID-19 Pfizer juga menerima otorisasi darurat dari otoritas kesehatan AS. Kedua vaksin tersebut dikembangkan dan disetujui dalam waktu kurang dari satu tahun. Prosesnya biasanya memakan waktu lebih lama, tetapi dipercepat oleh program administrasi Trump, yang dijuluki 'Operation Warp Speed'.(Baca juga: AS Sahkan Penggunaan Vaksin COVID-19 Moderna )

Karena permintaan vaksin melebihi pasokan di beberapa bagian AS, klaim yang dipolitisasi tentang keamanannya selama dan setelah kampanye pemilihan November telah menciptakan masalah tambahan bagi otoritas kesehatan.

Gagasan lain dalam distribusi vaksin telah dibuat oleh proposal ideologis untuk membuat mereka "adil" dan untuk memprioritaskan kelompok yang terkena dampak secara tidak proporsional oleh pandemi, daripada petugas perawatan kesehatan yang berada di garis depan dan manula di panti jompo, yang dinilai berisiko tertinggi terinfeksi virus.(Baca juga: Dokter Boston AS Alergi Parah usai Disuntik Vaksin COVID-19 Moderna )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)