Massa di Pakistan Mengamuk dan Bakar Kuil Hindu Berumur Seabad

Kamis, 31 Desember 2020 - 07:12 WIB
loading...
Massa di Pakistan Mengamuk dan Bakar Kuil Hindu Berumur Seabad
Massa di Pakistan mengamuk dan membakar kuil Hindu berumur seabad. Foto/The Top10 News
A A A
ISLAMABAD - Massa di barat laut Pakistan mengamuk dan membakar kuil Hindu berusia seabad, kemarin (30/12/2020). Serangan ini memicu kecaman dari komunitas Hindu di negara mayoritas Muslim tersebut.

(Baca juga : Ulama Muslim Pakistan Ikut Ditangkap dalam Pembakaran Kuil Hindu Berumur Seabad )

Umat Hindu merupakan komunitas terbesar kedua setelah umat Islam di negara yang memperoleh kemerdekaan dari kekuasaan Inggris pada tahun 1947 tersebut. (Baca: FPI Organisasi Terlarang di Indonesia Jadi Sorotan Dunia )

Video yang direkam oleh penduduk setempat di tempat kejadian dan dibagikan kepada Reuters menunjukkan kerumunan orang membongkar balok-balok dinding struktur kuil menggunakan batu dan palu godam, saat asap hitam dari api besar mengepul ke langit.

(Baca Juga : Pakistan Tangkap 31 Orang yang Bakar Kuil Hindu Berumur Seabad )

Rahmatullah Wazir, seorang petugas polisi di distrik Karak, barat laut Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, mengatakan kepada Reuters bahwa para ulama Muslim setempat telah mengatur apa yang mereka katakan kepada polisi akan menjadi protes damai terhadap dugaan perluasan kuil.

(Baca juga : Anthony Joshua Bekuk Tyson Fury KO Ronde Terakhir! )

Dia menambahkan bahwa para ulama yang memimpin protes memulai "pidato provokatif", setelah itu massa menyerang kuil tersebut.

“Itu adalah massa dan kemudian tidak ada orang di sana yang menghentikan mereka untuk merusak kuil,” kata Wazir. Menurutnya, sebagian besar bangunan telah rusak. (Baca: Trump Ancam Iran, Dua Pembom B-52 AS Berkeliaran di Teluk )

Kepala polisi distrik setempat, Irfanullah Khan, mengatakan kepada Reuters bahwa sembilan orang telah ditangkap karena dicurigai terlibat dalam serangan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)