COVID-19 Landa Diamond Princess Pembawa 78 WNI Warnai Kaleidoskop KBRI Tokyo 2020

Selasa, 29 Desember 2020 - 19:20 WIB
loading...
A A A
Indonesia pada 20 Oktober 2020 menjadi negara pertama yang dikunjungi PM Jepang Yoshihide Suga dalam lawatan luar negeri pertama kali sejak dilantik pada 16 September 2020 menggantikan Shinzo Abe. PM Suga yang didampingi Ibu Negara Mariko Suga bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam keterangan pers bersama Jokowi, PM Suga memberikan komitmen loan agreement sebesar Rp6,9 triliun. Suga mengatakan bantuan ini diberikan untuk mendukung peningkatan kapasitas Indonesia dalam tanggap bencana.

Sementara itu dalam upaya pembentukan lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dengan didampingi Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan sejumlah pertemuan dengan Pemerintah dan 20 pebisnis Jepang dalam mempromosikan SWF Indonesia. Dari hasil lobi pada 3-4 Desember 2020, diperoleh komitmen investasi dari Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Maeda Tadashi sebesar Rp57 triliun untuk pendanaan lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Dalam pertemuan antara Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dengan CEO Toyota Motor Corporation wilayah Asia Yoichi Miyazaki pada 14 Desember 2020 diperoleh komitmen investasi sebesar Rp28 triliun. CEO Miyazaki dalam perbincangan dengan Dubes Heri mengatakan Indonesia merupakan mitra Toyota yang sangat penting.

3. Kegiatan Sosial Budaya 2020 KBRI Tokyo

Di tengah merebaknya pandemi COVID-19 berbagai kegiatan promosi sosial budaya terus dilakukan KBRI Tokyo. Di antaranya lomba karya tulis bertemakan “Persahabatan Indonesia Jepang” dalam menyambut HUT ke-75 RI. KUAI Tri Purnajaya usai upacara peringatan HUT ke-75 RI di Wisma Duta menyerahkan hadiah lomba karya tulis itu kepada dua pemenang warga Jepang yaitu Hyuga Tanaka dan Akihiko Ishikawa, dan dua pemenang warga Indonesia Ivan Prakasa dan Aliyah Shafarin Nur Fitri.

Pada 10 Oktober 2020, KBRI Tokyo ikut berpartisipasi dalam acara Indonesia – Japan Online Festival 2020 (OnFest 2020) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

KBRI Tokyo juga menyiarkan acara “Discovering Indonesia in Japan” secara langsung di YouTube yang menarik 100.000 penonton. Video itu juga memperoleh 19.400 views di Instagram KBRI Tokyo. KBRI Tokyo dalam acara itu, menampilkan footage kompilasi tarian, pencak silat, angklung, kolintang, gamelan, serta batik, dengan dipandu host berbahasa Jepang dari Sekolah Republik Indonesia Jepang (SRIT).

Menutup rangkaian kegiatan KBRI Tokyo di 2020, pada 17 Desember Dubes Heri Akhmadi menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credentials) kepada Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kekaisaran di Tokyo. Kaisar Naruhito dalam acara itu didampingi oleh Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Kajiyama Hiroshi. Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Heri Akhmadi, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia pada 26 Oktober 2020.

“Di 2021, tantangan di tengah pandemi memerlukan penyesuaian langkah-langkah perlindungan dan promosi Indonesia di luar negeri. Sementara itu, kerjasama perdagangan dan investasi dengan Jepang untuk pemulihan ekonomi nasional secara keseluruhan, menjadi perhatian khusus,” kata Dubes Heri.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)