Rahasia Mumi Anak Serigala di Kanada Terungkap, Hidup 56.000 Tahun Lalu

Rabu, 23 Desember 2020 - 00:01 WIB
loading...
Rahasia Mumi Anak Serigala di Kanada Terungkap, Hidup 56.000 Tahun Lalu
Mumi anak serigala di Kanada utara hidup setidaknya 56.000 tahun yang lalu. Foto/EurekAlert!
A A A
YUKON - Seekor anak serigala yang ditemukan menjadi mumi di Kanada utara hidup setidaknya 56.000 tahun yang lalu.

Para ilmuwan mengungkapkan anak serigala betina itu tersembunyi di lapisan es selama puluhan ribu tahun dan ditemukan seorang penambang emas di dekat kota Dawson, Provinsi Yukon pada 2016.

Sejak itu, mumi tersebut diberi nama Zhur, yang berarti serigala, oleh orang-orang Tr'ondek Hwech'in setempat.

Rahasia Mumi Anak Serigala di Kanada Terungkap, Hidup 56.000 Tahun Lalu


Para ilmuwan sekarang mengatakan anak serigala yang kulit, rambut dan giginya masih utuh itu adalah mumi serigala terlengkap yang pernah diketahui. (Baca Juga: Tak Hanya Kapal Selam AS, Kapal Selam Israel Juga Gertak Iran)

"Dia pada dasarnya 100% utuh, yang hilang hanyalah matanya," ungkap peneliti utama Profesor Julie Meachen, paleontologi dan profesor anatomi di Des Moines University di Iowa, kepada EurekAlert! (Lihat Infografis: Kini Ornamen Natal Dijual Secara Terbuka di Arab Saudi)

Dengan menggunakan berbagai teknik, tim tersebut dapat menentukan banyak aspek kehidupan anak serigala tersebut, mulai dari usia dan pola makan hingga kemungkinan penyebab kematiannya. (Lihat Video: Jokowi Reshuffle Enam Menteri di Kabinet Indonesia Maju)



Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology pada Senin itu menunjukkan anak serigala itu dan ibunya telah memakan "sumber makanan dari perairan", termasuk ikan seperti salmon.

Dengan membandingkan data dari DNA serigala dan analisis enamel giginya, mereka menemukan bahwa anak serigala itu kemungkinan besar hidup dan mati antara 56.000 dan 57.000 tahun yang lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)