Tak Hanya Kapal Selam AS, Kapal Selam Israel Juga Gertak Iran

Selasa, 22 Desember 2020 - 10:10 WIB
loading...
Tak Hanya Kapal Selam AS, Kapal Selam Israel Juga Gertak Iran
Kapal selam Israel kelas Dolphin. Foto/IDF Spokesmans Unit
A A A
TEL AVIV - Kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) , USS Georgia, sudah beroperasi di Selat Hormuz sebagai pesan untuk menggertak Iran agar tidak menyerang kepentingan Amerika di Timur Tengah. Di luar dugaan, kapal selam Israel juga melakukan hal serupa dengan melintasi Terusan Suez.

Media Israel, Kan, pada Senin malam melaporkan operasi kapal selam tersebut sudah dimulai pekan lalu untuk unjuk kekuatan terhadap rezim para Mullah. (Baca: AS Gertak Iran dengan Kapal Selam Nuklir Bersenjata Rudal Tomahawk )

Laporan, yang mengutip sumber intelijen Arab, tersebut mengatakan langkah rezim Zionis itu disetujui oleh Mesir.

Kapal selam Israel dilaporkan muncul dan bergerak ke Teluk Persia, yang juga berdekatan dengan wilayah Arab Saudi. Sumber intelijen mengatakan langkah itu dimaksudkan untuk "mengirim pesan" kepada Iran.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menolak berkomentar. IDF hanya berujar; "Kami tidak menanggapi laporan semacam ini."

Sebelumnya pada hari Senin, Kepala Staf IDF Aviv Kohavi memperingatkan Iran agar tidak menyerang Israel, dengan mengatakan bahwa negara Yahudi itu akan membalas secara paksa terhadap setiap agresi.

“Baru-baru ini, kami mendengar peningkatan ancaman dari Iran terhadap Negara Israel. Jika Iran dan mitranya, anggota poros radikal (Iran, Suriah, Hizbullah dan kelompok teror Palestina), baik di lingkaran negara pertama atau kedua, melakukan tindakan terhadap Israel, mereka akan menemukan kemitraan mereka sangat mahal," Kata Kohavi dalam sebuah upacara untuk menghormati para prajurit teladan. (Baca juga: Roket-roket Katyusha Hujani Kedutaan AS di Zona Hijau Irak )

“IDF akan secara paksa menyerang siapa saja yang mengambil bagian, dari dekat atau jauh, dalam kegiatan melawan Negara Israel atau sasaran Israel. Saya mengatakan ini dengan jelas dan menjelaskan situasinya sebagaimana adanya—tanggapan dan semua rencana telah disiapkan dan dipraktikkan," ujarnya, yang dilansir Times of Israel, Selasa (22/12/2020).

Iran telah mengancam akan menyerang Israel sejak pembunuhan ilmuwan top nuklirnya; Mohsen Fakhrizadeh, pada akhir November lalu, dalam serangan yang dituduhkan kepada negara Yahudi itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut AS, USS Georgia, transit di Selat Hormuz pada hari Senin disertai dengan dua kapal perang tambahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)