Mutasi Covid-19 Menyebar, Dunia Isolasi Inggris

Selasa, 22 Desember 2020 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Negara di luar Eropa juga memutuskan untuk melarang pergerakan orang dari Inggris. PM Kanada, Justin Trudeau, mengatakan pembatasan itu berlaku selama 72 jam sejak Minggu (20/12/2020). "Penerbangan dari Inggris yang akan memasuki Kanada akan ditolak. Pengunjung yang terlanjur masuk akan dites," kata Trudeau.

Arab Saudi juga telah menutup perbatasan dan membatasi penerbangan internasional, terutama dari Inggris, selama tujuh hari. Larangan ini dapat diperpanjang menyesuaikan situasi. Semua orang yang tiba di Arab Saudi beberapa hari sebelum peraturan ini berlaku harus menjalani isolasi mandiri selama dua pekan.



Lebih Mudah Menular
Sebagai informasil jumlah pasien Covid-19 di Inggris bertambah sebanyak 35.928 orang pada Minggu (20/12), hampir dua kali lipat dibandingkan tujuh hari sebelumnya. Pada saat bersamaan, sebanyak 326 orang meninggal dunia dalam 28 hari terakhir setelah positif terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, total korban sekitar 67.401.

Menkes Inggris, Matt Hancock, memperingatkan varian baru Covid-19 itu 70% lebih mudah menular dan berada di luar kendali. Kasus terbanyak ditemukan di London dan bagian tenggara Inggris. Meski lebih mudah dan lebih cepat menular, sejauh ini, para ahli kesehatan tak dapat memastikan virus itu lebih mematikan.

Johnson juga mengaku tidak mengetahui semematikan apa virus tersebut. "Tim WHO telah berkunjung untuk membantu penelitian. Sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan mutasi virus ini lebih mematikan, lebih buruk, atau membuat vaksin menjadi tidak efektif dalam melawan Covid-19," kata Johnson.

Bahkan, Menkes Jerman Jens Spahn optimis vaksin Covid-19 masih efektif. "Setahu saya setelah berbincang dengan para ahli dan pemerintah Eropa, vaksin tetap akan bekerja efektif," katanya. Pemerintah Inggris kini melockdown London setelah jumlah pasien baru akibat mutasi Covid-19 mencapai 62%.

Atas kondisi tersebut, jutaan warga Inggris terdampar dan dipaksa membatalkan acara perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, termasuk mudik atau traveling. Pemerintah Inggris berjanji untuk memberikan ganti rugi. Menteri Transportasi Grant Shapps mengatakan polisi telah diterjunkan untuk mengurai kemacetan.

"Saya juga ingin memastikan pengiriman vaksin Covid-19 dari Belgia tidak akan terganggu," kata Shapp.

Kepala Eksekutif Federasi Makanan dan Minuman Inggris, Ian Wright, juga mengimbau masyarakat tidak berlebihan memasok makanan. Dia meminta masyarakat tetap tenang karena pergerakan barang tidak terdampak.(muh shamil)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)