Menghangatnya Hubungan Iran-China Ancaman bagi 'Dunia Bebas'

Selasa, 22 Desember 2020 - 04:30 WIB
loading...
Menghangatnya Hubungan Iran-China Ancaman bagi Dunia Bebas
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan bahwa hubungan China - Iran yang menghangat merupakan ancaman bagi "dunia bebas". Ini karena China berupaya memperluas kehadirannya di Timur Tengah dengan mengorbankan Amerika.

Di bawah Presiden Xi Jinping, China telah memperkuat hubungan dengan Iran yang semakin terisolasi ketika hubungan AS-China anjlok ke titik terendah sepanjang masa. Kondisi ini menghadirkan tantangan baru kepada anggota parlemen AS tentang bagaimana melawan musuh yang berkembang.

(Baca: AS Mengaku Sudah Siap Hadapi Gelombang Serangan Balas Dendam Iran )

Sejak tur pertama Xi ke Timur Tengah pada tahun 2016, China telah bekerja untuk memperdalam kerjasama strategisnya dengan negara-negara di Timur Tengah. Baru-baru ini, ada pembicaraan tentang Iran dan China yang menandatangani kesepakatan strategis selama 25 tahun.

Peter Berkowitz, Direktur Staf Perencanaan Kebijakan Kementerian Luar Negeri AS, memperingatkan bahwa perjanjian itu akan menjadi berita yang sangat buruk bagi dunia bebas, jika dua rezim otoriter terkemuka di dunia mencapai kesepakatan seperti itu.

"Iran menabur terorisme, kematian, dan kehancuran di seluruh wilayah, diberdayakan oleh Republik Rakyat China hanya akan meningkatkan ancaman," katanya, seperti dilansir Al Arabiya.

Pembicaraan tentang kesepakatan baru China-Iran telah memfokuskan perhatian Amerika pada hubungan yang tumbuh antara Beijing dan Teheran.

(Baca: Iran Bangun Fasilitas Nuklir Bawah Tanah saat Tegang dengan AS )

Sementara China dan Iran telah bekerja sama selama bertahun-tahun dalam masalah perdagangan, perkembangan baru yang mencakup komponen keamanan ini penting karena Beijing dan Teheran memiliki ambisi global, dan regional dan keduanya memiliki hubungan konfrontatif dengan AS.

Namun secara lebih luas, pertumbuhan kehadiran China di Timur Tengah membalikkan narasi konvensional bahwa ambisi China di wilayah tersebut adalah ekonomi dan sorotan bahwa raksasa Asia Timur sekarang memandang Timur Tengah sebagai penting secara strategis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)