Putin Perintahkan Tim Elit Racuni Navalny, Menlu Rusia: Lucu untuk Dibaca

Kamis, 17 Desember 2020 - 15:32 WIB
loading...
Putin Perintahkan Tim Elit Racuni Navalny, Menlu Rusia: Lucu untuk Dibaca
Menlu Rusia tanggapi santai tudingan Presiden Vladimir Putin memerintahkan tim elit racuni tokoh oposisi Alexei Navalny. Foto/theaustralian.com.au
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia , Sergey Lavrov, mengatakan laporan yang mengungkapkan rincian baru tentang peracunan pemimpin oposisi Alexei Navalny "lucu untuk dibaca".

Investigasi CNN-Bellingcat terkait peracunan Navalny menemukan bukti bahwa Dinas Keamanan Federal Rusia, yang dikenal sebagai FSB, membentuk tim elit dengan spesialisasi racun saraf untuk meracuni Navalny. Tim tersebut juga telah mengawasi pria berusia 44 tahun itu selama bertahun-tahun sebelum dia pingsan selama penerbangan pada Agustus lalu dan dilarikan ke rumah sakit.

"Kami sudah terbiasa dengan fakta bahwa Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya hanya mengumumkan di media serangkaian tuduhan lain terhadap Rusia, baik itu peretas atau semacam sensasi tentang keracunan ganda atau bahkan tiga kali lipat Navalny," kata Lavrov.



“Semua berita ini lucu untuk dibaca, tetapi hanya mengatakan satu hal - atau lebih tepatnya cara berita ini disajikan mengatakan hanya satu hal - bahwa mitra Barat kita tidak memiliki standar etika dan kurang keterampilan dalam pekerjaan diplomatik normal dan (memiliki) keengganan untuk mematuhi norma hukum internasional dalam mencari fakta,” sambungnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Kamis (17/12/2020).

Navalny, salah satu lawan paling vokal Presiden Rusia Vladimir Putin, telah menempuh jalan panjang menuju kesembuhan sejak serangan racun, yang terjadi pada 20 Agustus lalu. Setelah awalnya ditahan oleh dokter Rusia, ia dibebaskan ke Jerman, di mana para penyelidik menyatakan bahwa ia diracuni dengan racun saraf kelas Novichok, racun kuat yang diproduksi di Rusia.(Baca juga: Rusia Sebut Peracunan Navalny Aksi Amatir )

Navalny menghabiskan beberapa waktu dalam keadaan koma sebelum akhirnya sadar. Ia menyalahkan sepenuhnya serangan atas dirinya kepada Putin dan operasi rahasia Rusia.

"Saya tidak berpikir. Saya yakin dia bertanggung jawab," katanya tentang Putin saat wawancara Oktober lalu.

Navalny menegaskan kembali kepada CNN selama wawancara baru-baru ini bahwa dia benar-benar yakin bahwa Putin mengetahui operasi tim elit FSB yang dikirim untuk membunuhnya.

"Pengoperasian keterampilan seperti itu dan untuk waktu yang lama tidak dapat dilakukan tanpa keputusan dari ketua FSB, (Alexander) Bortnikov," kata Navalny. Dan dia tidak akan pernah berani tanpa perintah langsung dari Presiden Putin.(Baca juga: Navalny Yakin 100% Putin Perintahkan Tim Elit untuk Meracuninya )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)