Pesan 'Zodiac Killer' Terpecahkan setelah Lebih dari 50 Tahun

Sabtu, 12 Desember 2020 - 15:01 WIB
loading...
Pesan Zodiac Killer Terpecahkan setelah Lebih dari 50 Tahun
Kode pesan Zodiac Killer, pembunuh berantai di AS yang mengaku telah membunuh 37 orang pada akhir 1960-an. Foto/ABC.net.au
A A A
CALIFORNIA - Sebuah tim penggemar kriptografi mengumumkan bahwa mereka telah berhasil memecahkan salah satu pesan berkode yang dikirim lebih dari 50 tahun yang lalu oleh "Zodiac Killer".

Si "Zodiac Killer" adalah pembunuh berantai yang meneror California utara, Amerika Serikat (AS) pada akhir 1960-an.

Pesan berode itu dikirim pada November 1969 ke surat kabar San Francisco Chronicle oleh tersangka pembunuh berantai. Kodenya terdiri dari serangkaian huruf dan simbol samar. (Baca: Iran Gantung Ruhollah Zam, Sang Jurnalis Anti-Rezim Pemerintah )

Trio detektif dari tim penggemar kritografi tersebut berharap pesan berkode berisi identitas si pembunuh, yang melakukan setidaknya lima pembunuhan pada 1968 dan 1969 tetapi mengklaim total 37 pembunuhan dan menginspirasi pembunuh berantai lainnya.

Menurut mereka yang menyatakan telah memecahkan kode pesan "Zodiac Killer", pesan tersebut mencakup kebanggaan dan pembangkangan pihak berwenang tanpa petunjuk nyata tentang motif atau identitas.

Ini termasuk pesan berbunyi; "Saya harap Anda bersenang-senang dalam mencoba menangkap saya...Saya tidak takut dengan kamar gas karena itu akan mengirim saya ke surga lebih cepat karena saya sekarang memiliki cukup budak untuk bekerja untuk saya." (Baca juga: Jumlah Pemeluk Islam di Israel Meningkat, Ini Penyebabnya )

David Oranchak, 46, seorang desainer web Amerika, membutuhkan beberapa program komputer dan kerja bertahun-tahun untuk menguraikan kode kompleks yang mulai dia kerjakan pada tahun 2006.

Dia dibantu oleh Sam Blake, seorang matematikawan Australia, dan Jarl Van Eykcke, seorang ahli logistik Belgia. Mereka mengatakan kepada San Francisco Chronicle, yang mengonfirmasi penemuan tersebut dengan FBI.

Pesan pertama yang dikirim ke surat kabar California diterjemahkan oleh seorang guru sekolah dan istrinya pada tahun 1969.

“Saya suka membunuh karena itu sangat menyenangkan,” bunyi salah satu pesan berkode itu, yang lagi-lagi mengacu pada “budak” yang diklaimnya dikumpulkan untuk melayani dia di akhirat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)