10 Kisah Pengkhianatan Terbesar Sepanjang Sejarah

Senin, 20 April 2020 - 06:29 WIB
loading...
A A A
10 Kisah Pengkhianatan Terbesar Sepanjang Sejarah



Suami istri Rosenberg adalah keluarga yang simpati terhadap komunis yang menjual rahasia-rahasia atom AS ke Soviet selama masa puncak Perang Dingin. Julius Rosenberg membantu pertukaran informasi secara diam-diam dan juga merekrut mata-mata lain bagi Uni Soviet.

Dia bersama dengan istrinya, Ethel ditangkap pada 1950. Setelah menjalani persidangan kontroversial, keduanya dieksekusi atas tuduhan melakukan konspirasi untuk menjual rahasia-rahasia atom kepada Rusia pada tanggal 19 Juni 1953.

7. Mir Jafar

10 Kisah Pengkhianatan Terbesar Sepanjang Sejarah


Mir Jafar adalah kepala tentara Bengal India selama pertengahan abad ke-18. Akan tetapi ambisinya yang tinggi ketika kariernya tengah jaya-jayanya membuat dia berpaling ke tentara Inggris untuk merebut singasana Bengal.

Dalam upayanya tersebut, dia bergabung dengan pasukan Inggris dalam Perang Plassey pimpinan Robert Clive, dan tentara India pimpinan Nawab Sira-ud-Dowla dari Oudh yang merupakan titik kulminasi dari ketegangan dan kecurigaan kedua belah pihak. Meski pasukan India jauh lebih banyak jumlahnya daripada pasukan Inggris, namun pengkhianatan Mir Jafar membuat Inggris memenangkan perang.

8. Aldrich Ames

10 Kisah Pengkhianatan Terbesar Sepanjang Sejarah


Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)