MBS Bantah Kirim Tim Pembunuh untuk Habisi Mantan Mata-mata Saudi di Kanada

Rabu, 09 Desember 2020 - 11:44 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut, Kellogg menulis bahwa MBS menikmati kekebalan dari kasus-kasus terhadapnya, dengan mengatakan: "Kekebalan pejabat asing dari gugatan di Amerika Serikat diatur oleh doktrin kekebalan kedaulatan asing hukum umum."

Kekebalan berdaulat adalah doktrin hukum yang menyatakan bahwa negara dan kepala negara berdaulat kebal dari penuntutan.

Kekebalan kedaulatan Arab Saudi telah ditentang di masa lalu atas tuduhan kerajaan memberikan dukungan kepada para pembajak pesawat peristiwa 11 September yang bertanggung jawab atas serangan tahun 2001 di New York City dan Pentagon.

Namun Arab Saudi membantah klaim tersebut.

Undang-undang tahun 2016 yang disebut Justice Against Sponsors of Terrorism Act membatasi kekebalan kedaulatan dalam kasus partisipasi dalam tindakan internasional "teror", meskipun kemungkinan besar tuduhan dalam gugatan al-Jabri tidak akan termasuk dalam tindakan ini.

Mosi untuk menolak tuduhan lebih lanjut bahwa gugatan tersebut merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian dari tuduhan Arab Saudi bahwa al-Jabri mencuri USD11 miliar. Jabri membantah tuduhan tersebut.

MBS dan pemerintah Arab Saudi telah dituduh melakukan berbagai pelanggaran hak asasi, termasuk pembersihan selama tindakan keras yang meluas terhadap anggota keluarga kerajaan Arab Saudi yang dituduh melakukan korupsi pada tahun 2017.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)