Pemerintah Afghanistan-Taliban Capai Kesepakatan Awal Pembicaraan Damai

Rabu, 02 Desember 2020 - 22:40 WIB
loading...
A A A
"Terobosan ini harus menjadi batu loncatan untuk mencapai perdamaian yang diinginkan oleh semua rakyat Afghanistan," imbuhnya.

Taliban digulingkan dari kekuasaan pada tahun 2001 oleh pasukan pimpinan AS karena menolak menyerahkan Osama bin Laden, arsitek serangan 11 September di Amerika Serikat. Pemerintah yang didukung AS telah memegang kekuasaan di Afghanistan sejak itu, meskipun Taliban memiliki kendali atas wilayah yang luas di negara tersebut.

Berdasarkan kesepakatan pada bulan Februari, pasukan asing akan meninggalkan Afghanistan pada Mei 2021 dengan imbalan jaminan kontra-terorisme dari Taliban.(Baca juga: Taliban Sambut Baik Pengurangan Pasukan AS di Afghanistan )

Presiden AS Donald Trump telah berupaya untuk mempercepat penarikan pasukan, meskipun ada kritik, mengatakan dia ingin melihat semua tentara Amerika pulang pada Natal untuk mengakhiri perang terpanjang di Amerika.

Pemerintahan Trump sejak itu mengumumkan bahwa akan ada penarikan tajam pada Januari, tetapi setidaknya 2.500 tentara akan tetap berada di luar itu.(Baca juga: Trump Kurangi Pasukan AS di Afghanistan dari 4.500 Jadi 2.500 Tentara )

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas pada Selasa memperingatkan NATO agar tidak menarik pasukan terlalu dini dan mengatakan mereka harus memastikan bahwa NATO mengikat pengurangan pasukan lebih lanjut di Afghanistan dengan kondisi yang jelas.

Bulan lalu, kesepakatan yang dicapai antara Taliban dan negosiator pemerintah ditahan pada menit terakhir setelah pemberontak menolak keras pembukaan dokumen itu karena menyebutkan nama pemerintah Afghanistan.

Seorang diplomat Uni Eropa yang mengetahui proses tersebut mengatakan bahwa kedua belah pihak telah menyimpan beberapa masalah yang diperdebatkan untuk ditangani secara terpisah.

"Kedua belah pihak juga tahu bahwa kekuatan Barat kehilangan kesabaran dan bantuan bersyarat ... sehingga kedua belah pihak tahu mereka harus bergerak maju untuk menunjukkan beberapa kemajuan," kata diplomat itu, yang tidak mau disebutkan namanya.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)