Rusia: Pompeo Kunjungi Permukiman, AS Abaikan Prinsip Internasional

Minggu, 29 November 2020 - 06:06 WIB
loading...
Rusia: Pompeo Kunjungi Permukiman, AS Abaikan Prinsip Internasional
Menlu AS Mike Pompeo mengunjungi pemukiman Yahudi di Tepi Barat. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia menganggap Amerika Serikat (AS) tak menghormati prinsip-prinsip hukum internasional dengan kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo ke permukiman ilegal Israel di Tepi Barat.

Saat konferensi pers di Moskow, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova menganggap kunjungan Pompeo adalah upaya pemerintah AS melegitimasi permukiman ilegal Israel di wilayah Tepi Barat.

Zakharova menegaskan tindakan Pompeo bertentangan dengan berbagai resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kami melihat ini sebagai bukti lain dari ketidakpedulian AS yang terang-terangan terhadap prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara global," ungkap Zakharova. (Baca Juga: PM Israel Kunjungi Putra Mahkota Arab Saudi, Raja Salman Tdak Diberitahu)

Dia menegaskan, "Upaya pemerintah AS untuk memberikan legitimasi pada permukiman ilegal Israel bertentangan dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan resolusi Dewan Keamanan PBB." (Lihat Infografis: Iran Sangat Terpukul Akibat Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Mereka)

Dia menganggap Washington berusaha menciptakan apa yang disebut "realitas yang tidak dapat diubah" di lapangan. (Lihat Video: KPK Tetapkan Wali Kota Cimahi Ajay Priatna Sebagai Tersangka)



Pekan lalu, Pompeo menjadi pejabat tinggi AS pertama yang mengunjungi permukiman Israel Psagot, yang dibangun di atas tanah Palestina di dekat kota Ramallah dan Al-Bireh di Tepi Barat.

Menurut Zakharova, tindakan pemerintah AS itu, "Menghambat upaya untuk memulai kembali proses negosiasi yang bertujuan membangun perdamaian yang adil, langgeng, dan komprehensif."
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)