PM Israel Kunjungi Putra Mahkota Arab Saudi, Raja Salman Tdak Diberitahu

loading...
PM Israel Kunjungi Putra Mahkota Arab Saudi, Raja Salman Tdak Diberitahu
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi. Foto/SPA
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi tidak ikut serta dalam pertemuan antara Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu di kerajaan beberapa hari lalu. Sang raja bahkan tidak diberitahu jika negaranya dikunjungi pemimpin Zionis.

Mengutip sumber pemerintah Saudi dan seorang diplomat asing di Riyadh, Reuters melaporkan pada hari Jumat (27/11/2020) bahwa normalisasi hubungan dengan Israel muncul dari meja selama Raja Saudi masih hidup—sebuah analisis serupa juga dibuat hari Kamis oleh sumber senior pemerintah Israel yang dikutip oleh stasiun televisi Israel. (Baca: Netanyahu dan Bos Mossad Dilaporkan Kunjungi Saudi, Temui Putra Mahkota MBS )

Raja Salman, 84, dilaporkan menentang normalisasi hubungan tanpa pembentukan negara Palestina yang merdeka. Sedangkan putranya, penguasa de facto kerajaan, dianggap lebih terbuka untuk menghangatkan hubungan Saudi dengan Israel.

(Baca juga : Transplantasi Ginjal Selena Gomez Dijadikan Guyonan dalam Saved By the Bell, Penggemar Marah Besar )



Diplomat yang dikutip oleh Reuters juga menyatakan bahwa prospek normalisasi lebih besar di bawah pemerintahan Joe Biden yang akan datang, di mana presiden terpilih Amerika Serikat (AS) itu mengancam akan menjadikan Arab Saudi sebagai "paria" atas pelanggaran hak asasi manusianya.

“Normalisasi adalah cara untuk mengalihkan fokus (Biden) dari masalah lain, terutama hak asasi manusia,” kata diplomat tersebut.

(Baca juga : Edan, Pria Ini Koleksi 24 Mobil Replika Fast and Furious )



Komentar sumber dan diplomat Saudi itu menggemakan laporan hari Kamis di Channel 12 Israel. Sumber senior pemerintah Israel yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media tersebut bahwa tidak akan ada kemajuan dalam normalisasi hubungan kedua negara selama Raja Salman berkuasa atas takhta Saudi.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top