Beginilah Cara AS Jatuhkan Bom Nuklir terhadap 95 Kapal Perang

Jum'at, 27 November 2020 - 08:57 WIB
loading...
Beginilah Cara AS Jatuhkan Bom Nuklir terhadap 95 Kapal Perang
Bom nuklir dijatuhkan Amerika Serikat di Atol Bikini pada Juni 1946. Foto/US Navy/Handout via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Apa yang akan terjadi jika bom nuklir dijatuhkan terhadap armada 95 kapal perang?. Pemerintah Amerika Serikat (AS)—dan ratusan penduduk Kepulauan Marshall—membayar mahal untuk mencari tahu.

Segera setelah Perang Dunia II, militer AS—yang menggunakan dua bom atom terhadap Jepang pada tahun 1945—menemukan bahwa mereka hampir tidak menyentuh permukaan teknologi senjata nuklir. Washington memutuskan bahwa lebih banyak tes diperlukan dan bahwa atol terpencil Bikini, salah satu bagian paling utara Kepulauan Marshall, adalah tempat terbaik.

(Baca juga : Dalam Waktu Singkat Tesla Buatan China Sampai Juga ke Eropa )

Tujuan utamanya adalah untuk mengukur efek senjata nuklir pada aset Angkatan Laut, dengan beberapa ahli teori kekuatan udara pascaperang berpendapat bahwa kapal permukaan semakin usang dalam konteks peperangan modern. (Baca: Rusia Rilis Video Ledakan Tsar Bomba, Bom Nuklir Terkuat Sejagad )

Tapi ada tujuan kedua, yakni pemerintah berusaha mempelajari lebih lanjut efek ledakan nuklir pada makhluk hidup. Sebanyak 95 kapal, sarat dengan total setidaknya 50 hewan, dikumpulkan untuk percobaan. Masih ada pertimbangan lain yang mendasari; ledakan ini—uji coba nuklir pertama sejak akhir perang—akan berfungsi sebagai demonstrasi langsung penangkal nuklir AS.

(Baca juga : Perjuangan Rolex Kuasai Dunia Horology hingga Berlabel Jam Orang Sukses )

Sebanyak 167 penduduk Bikini pindah ke atol Rongerik di dekatnya, dan dua ledakan awal dijadwalkan pada musim panas 1946 sebagai bagian dari "Operation Crossroads"—satu ledakan di atas permukaan dan ledakan bawah air lainnya, untuk tujuan membandingkan keefektifan dan efek destruktif dari ledakan dua metode serangan bom nuklir.

Ledakan awal disambut oleh Angkatan Laut sebagai alasan perayaan, di mana bom meleset dan hanya menenggelamkan lima kapal. Angkatan Laut sangat gembira. "Pemandangan ketenangan komparatif tampaknya menyenangkan beberapa perwira Angkatan Laut, gembira dengan keyakinan bahwa tes tersebut tidak menunjukkan bahwa Angkatan Laut modern sudah usang di era atom ini," tulis The Washington Post dalam laporannya yang dikutip The National Interest, Jumat (27/11/2020). (Baca juga: AS Tes Jet Tempur Siluman F-35 untuk Serangan Nuklir Supersonik, Ini Videonya )

Sebanyak sepertiga dari hewan yang jadi "kelinci percobaan" ledakan bom nuklir dilaporkan mati akibat ledakan tersebut. Kedua, ledakan bawah air tidak berjalan lebih baik, yang menenggelamkan beberapa kapal. sebaliknya, itu menghasilkan pancaran radioaktif yang mencemari armada kapal yang tersisa.

(Baca juga : Israel Dituding Jadi Dalang Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)