Senat Prancis Setujui Resolusi Desak Paris Akui Kemerdekaan Nagorno-Karabakh

loading...
Senat Prancis Setujui Resolusi Desak Paris Akui Kemerdekaan Nagorno-Karabakh
Senat Prancis dilaporkan telah mengeluarkan resolusi yang berisi seruan pada Paris untuk secara resmi mengakui Republik Nagorno-Karabakh. Foto/REUTERS
PARIS - Senat Prancis dilaporkan telah mengeluarkan resolusi yang berisi seruan pada Paris untuk secara resmi mengakui Republik Nagorno-Karabakh. Dari 306 anggota Senat Prancis, 306 menyetujui resolusi itu.

"Senat mendesak pemerintah Prancis untuk mengakui Republik Nagorno-Karabakh dan menggunakan pengakuan ini sebagai alat dalam pembicaraan untuk membangun perdamaian abadi," bunyi resolusi tersebut, seperti dilansir Tass pada Kamis (26/11/2020).

Menurut resolusi tersebut, Senat menyerukan penarikan segera pasukan Azerbaijan dari wilayah yang direbut dalam konflik sejak 27 September, dilakukannya penyelidikan internasional atas kejahatan perang dan penggunaan senjata terlarang. ( Baca juga: Prancis Ingin Dunia Awasi Gencatan Senjata Nagorno-Karabakh )

Selain itu, para senator merekomendasikan agar pemerintah Prancis menarik kesimpulan tentang peran yang dimainkan oleh otoritas Turki dan mempertimbangkan langkah-langkah paling menentukan bersama dengan negara Eropa lainnya.



Menanggapi resolusi tersebut, Sekretaris Negara Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis, Jean-Baptiste Lemoyne mengatakan bahwa pengakuan sepihak tidak membantu proses perdamaian di wilayah tersebut. ( Baca juga: Turki Sambut Pembebasan Kalbajar dari Pendudukan Armenia )

"Pengakuan sepihak atas Karabakh tidak akan bermanfaat bagi siapa pun dan tidak akan meningkatkan upaya mediasi," ujarnya. Dia ingat bahwa Prancis, salah satu ketua OSCE Minsk Group, mendukung implementasi perjanjian gencatan senjata yang dicapai pada 9 November.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top