Negara G20 Siap Distribusikan 2 Miliar Vaksin Covid-19 ke Seluruh Dunia

loading...
Negara G20 Siap Distribusikan 2 Miliar Vaksin Covid-19 ke Seluruh Dunia
Negara-negara G20 mengatakan akan mendistribusikan dua miliar dosis vaksin Covid-19 ke seluruh dunia. Foto/REUTERS
A+ A-
RIYADH - Negara-negara G20 akan mendistribusikan dua miliar dosis vaksin Covid-19 ke seluruh dunia. Hal itu disampaikan Kanselir Jerman, Angela Merkel pasca pertemuan virtual para pemimpin negara G20.

G20 sejauh ini berkontribusi pada perang melawan pandemi Covid-19 dengan menggelontorkan dana lebih dari USD 21 miliar sejak awal krisis untuk mendukung sistem perawatan kesehatan dan dalam pengembangan vaksin untuk memerangi pandemi. (Baca juga: Saudi: G20 Miliki Peran Penting Dalam Menjaga Bumi)

Pemimpin Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, sebagai tuan rumah pertemuan G20, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (22/11/2020), mengatakan bahwa pandemi telah membuktikan bahwa kerja sama internasional dan aksi bersama adalah cara terbaik untuk mengatasi krisis.

Raja Salman menganggap pandemi virus Corona sebagai ujian substansial bagi sistem kesehatan global."Saudi telah memberikan setengah miliar dolar untuk menemukan vaksin dan pengobatan untuk menghadapi virus, Saudi juga telah berpartisipasi dalam peluncuran inisiatif untuk mempercepat pembuatan alat dan teknologi untuk memerangi virus corona,” ucapnya.



"Selama masa kepresidenan G20, kami mendapat manfaat dari beberapa inisiatif utama untuk mengatasi kesenjangan dalam kesiapsiagaan pandemi global dan sistem respons. Dengan dukungan negara-negara grup, kami mengusulkan peluncuran inisiatif untuk menyediakan alat untuk memerangi pandemi, dengan tujuan memastikan fokus pada kesiapsiagaan dan respons terhadap pandemi di masa depan secara berkelanjutan," sambungnya.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, vaksin virus Corona akan tersedia sebelum akhir tahun dan Prancis akan memastikan bahwa vaksin tersebut menjangkau semua negara, terutama negara-negara miskin.





Menyerukan solidaritas untuk menghadapi tantangan internasional, Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte mengatakan bahwa KTT G20 Riyadh adalah acara penting yang menyoroti tanggapan G20 terhadap pandemi virus Corona.

Sementara itu, Ketua Aliansi Vaksin Global (GAVI), Ngozi Okonjo-Iweala, mewanti-wanti untuk tidak membiarkan virus Covid-19 menang. (Baca juga: Pandemi Ujian Sejati, Raja Salman: Kita Beri Dukungan Sampai Semua Orang Aman)

"Hanya melalui pembiayaan yang memadai untuk strategi keluar global, vitalitas ekonomi dapat dipulihkan, dan kita dapat menghindari bencana di negara-negara termiskin," ujarnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top