Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Disunat, Gedung Kongres Guatemala Dibakar

Minggu, 22 November 2020 - 13:36 WIB
loading...
Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Disunat, Gedung Kongres Guatemala Dibakar
Demonstran membakar gedung Kongres Guatemala memprotes pemotongan anggaran untuk pendidikan dan kesehatan. Foto/Straits Times
A A A
GUATEMALA CITY - Aksi demonstrasi terhadap Presiden Guatemala Alejandro Giammattei dan parlemen meletus setelah anggaran belanja negara untuk pendidikan dan kesehatan tahung 2021 dipotong. Ratusan pengunjuk rasa membobol gedung Kongres Guatemala dan membakar sebagian bangunan.

Aksi protes itu terjadi ketika sekitar 7.000 orang berdemonstrasi di depan Istana Nasional di Ibu Kota Guatemala City menentang pemotongan anggaran. Menurut pengunjuk rasa keputusan itu dinegosiasikan dan disahkan oleh legislator secara rahasia sementara negara Amerika Tengah itu terganggu oleh dampak angin topan dan pandemi Covid-19.

Video di media sosial menunjukkan kobaran api keluar dari jendela gedung legislatif. Menurut laporan media, otoritas keamanan menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa dan ada yang terluka.



Giammattei mengutuk aksi pembakaran tersebut di akun Twitter-nya.

"Siapa pun yang terbukti berpartisipasi dalam tindakan kriminal akan dihukum dengan kekuatan hukum penuh," tweetnya seperti dilansir dari TRT, Minggu (22/11/2020).

Dia menulis bahwa dia mendukung hak orang untuk memprotes."Tetapi kami juga tidak dapat mengizinkan orang untuk merusak properti publik atau pribadi," cetusnya.

Presiden Guatemala mengatakan telah bertemu dengan berbagai kelompok untuk menyampaikan perubahan anggaran yang kontroversial tersebut.

Ketidakpuasan telah meningkat atas anggaran 2021 di media sosial dan bentrokan meletus selama demonstrasi pada hari Jumat. Warga Guatemala marah karena anggota parlemen menyetujui anggaran sebesar USD65.000 untuk membayar makanan mereka sendiri, tetapi memotong dana untuk pasien virus Corona dan badan hak asasi manusia.(Baca juga: Satpam Pukuli Pria Kulit Hitam Hingga Tewas, Kerusuhan Pecah di Brasil )

Wakil Presiden Guillermo Castillo telah menawarkan untuk mengundurkan diri, mengatakan kepada Giammattei bahwa kedua pria tersebut harus mengundurkan diri dari posisi mereka “demi kebaikan negara.” Dia juga menyarankan untuk memveto anggaran yang telah disetujui, memecat pejabat pemerintah dan berusaha lebih menjangkau berbagai sektor di seluruh negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)